Sukses Terapkan ETP, Pemkot Kendari Raih Penghargaan BI Sultra Award – Kendari Pos
Nasional

Sukses Terapkan ETP, Pemkot Kendari Raih Penghargaan BI Sultra Award

Sekda Provinsi Sultra, Hj. Nur Endang Abbas (kiri) menyerahkan piagam penghargaan Kota Pendukung Elektronifikasi Terbaik kepada Asisten I Pemkot Kendari, Agus Salim dalam BI Sultra Award 2020 di Hotel Azizah, Kamis (3/12) kemarin.


KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kota Kendari dalam kendali Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menambah koleksi penghargaan. Kegigihan Pemkot Kendari berinovasi dalam pelayanan publik berbasis elektronik berbuah penghargaan dari Bank Indonesia Perwakilan Sultra. Selama dua tahun terakhir, Pemkot Kendari mengelektronifikasi seluruh transaksi keuangannya dengan menerapkan ETP (Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah).

Upaya tersebut berhasil mewujudkan tata kelola keuangan efisien, efektif dan transparan. Atas dasar itulah, Bank Indonesia Perwakilan Sultra mengapresiasi dan mendaulat Pemkot Kendari sebagai Kota Pendukung Elektronifikasi Terbaik dalam BI Sultra Award, Kamis (3/12) kemarin.

Deputi Direktur Bank Indonesia Perwakilan Sultra, Suharman Tabrani mengatakan, penghargaan yang diberikan merupakan bentuk apresiasi Bank Indonesia kepada pemerintah kabupaten dan kota yang berhasil menerapkan elektronifikasi pada seluruh sistem pembayarannya.

Suharman Tabrani menegaskan pihaknya saat ini tengah concern mendorong sistem implementasi digital dan transaksi nontunai baik terhadap seluruh masyarakat maupun pemda yang ada di Sultra.
“Dalam mendorong sistem implementasi berbasis digital Bank Indonesia telah membentuk Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD). Dan Kota Kendari sebagai percontohan untuk daerah lain untuk memberikan kemudahan transaksi yang nyaman dan aman,” kata Suharman Tabrani.

Dia pun berharap TP2DD bisa menjadi wadah sekaligus menjadi forum koordinasi antarinstansi dan stakeholder terkait yang dibentuk dan mendorong inovasi, percepatan, dan perluasan ETP, serta integrasi ekonomi dan keuangan digital dalam rangka mewujudkan efisiensi, efektivitas dan transparansi tata kelola keuangan.

“Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah dihadirkan untuk mendorong percepatan implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemda, baik dari sisi pendapatan maupun pengeluaran, sehingga dapat lebih mendorong pertumbuhan ekonomi Kota Kendari,” kata Suharman.

Terpisah, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menyambut baik penghargaan yang diberikan BI Sultra. Menurutnya, capaian tersebut tak lepas dari upaya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Kendari mengelektronifikasi seluruh sistem pembayarannya. Sulkarnain mengaku, sejak dua tahun terakhir pihaknya gencar melakukan aktivitas digitalisasi yang merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kota Kendari dalam mendorong percepatan dan perluasan ETP.

“Ke depan segala hal yang dibutuhkan terkait dengan implementasi TP2DD ini akan kami respons cepat. Oleh, karena itu saya meminta kepada OPD Pemkot Kendari untuk segera melakukan persiapan maksimal. Kami berharap semoga pembentukan TP2DD ini mampu memberikan subtansi konkrit dan menjadi wadah bersinergi dengan semua stakeholder,” kata Sulkarnain.

Sekedar informasi, penghargaan Kota Pendukung Elektronifikasi Terbaik dari BI Sultra Award, diserahkan langsung Sekda Provinsi Sultra, Hj. Nur Endang Abbas kepada Asisten I Pemkot Kendari Agus Salim di Hotel Azizah, Kamis (3/12) kemarin. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy