Skrining Karyawan Swasta Telah Dimulai, Target 7 Ribu Pekerja Diswab – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Skrining Karyawan Swasta Telah Dimulai, Target 7 Ribu Pekerja Diswab

KENDARIPOS.CO.ID — Klaster pekerja menjadi penyumbang terbesar pasien covid-19 di Kota Kendari. Atas dasar itu, Pemkot Kendari intens melakukan skrining massal. Setelah Aparatur Sipil Negara (ASN), kini giliran pekerja swasta. Kemarin, skiring massal pekerja swasta resmi dimulai. Karyawan Zahra Syariah Hotel Kendari menjadi pekerja swasta perdana yang mengikuti swab antigen. Uji sampel lendir ini dilakukan secara gratis.

General Manager Zahra Syariah Hotel Kendari, Mahmud Alhabsy (duduk, kanan) saat menjalani swab antigen, kemarin

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir mengatakan skrining massal dilakukan untuk mencari orang-orang yang terpapar Covid-19. Tujuannya agar warga yang benar terinfeksi tidak menjadi sumber penularan baru terhadap orang di sekitarnya. Ia tak menampik jika terdapat beberapa kendala dalam pelaksaan skrining massal pada klaster karyawan swata. Seperti, masih ada karyawan yang enggan (takut) dilakukan swab dan beberapa alasan lainnya.

Kendati demikian, lanjut Sulkarnain, berkat pendekatan (sosialisasi dan edukasi) yang dilakukannya kepada seluruh pimpinan dan manager perusahaan, akhirnya disepakati untuk dilakukannya uji usap tenggorok itu. “Mereka sudah setuju dan kita sudah rumuskan langkahnya. Hari ini (kemarin) kita sudah mulai. Walaupun memang kita lakukan di tempat usaha mereka. Kita ingin roda ekonomi tetap berjalan dan semangat kita untuk mengatasi Covid-19 itu bisa berjalan beriringan,” kata Sulkarnain.

Meski pelaksanaannya agak molor, Sulkarnain optimis skrining massal untuk klaster karyawan swasta bisa tuntas bulan ini. Sehingga nanti bisa berlanjut untuk masyarakat umum. “Kita target sampai 7 ribu karyawan hingga akhir Desember ini. Mudah-mudahan semua karyawan bisa dengan sukarela berpartisipasi dalam program ini demi kesehatan dan keselamatan kita bersama,” kata Sulkarnain.

Ketua DPD PKS Kota Kendari ini yakin skrining massal dapat menekan laju penularan Covid-19. Pasalnya, orang-orang yang dinyatakan negatif maupun positif Covid-19 akan berupaya menjaga kesehatannya. “Bisa dilihat kemarin pasca swab massal yang kami lakukan pada ASN itu jumlah kasus kita relatif berkurang. Yang tadinya pasien yang dirawat hampir 1.000 pasien kini tersisa sekitar 306 pasien saja. Semoga apa yang kami lakukan pada karyawan swasta yang merupakan salah satu klaster penyumbang pasien Covid-19 di Kota Kendari (33 persen),” kata Sulkarnain.

Terpisah, General Manager Zahra Syariah Hotel Kendari, H. Mahmud Alhabsy mengapresiasi upaya pemkot dalam memerangi Covid-19. Menurutnya, melalui swab antigen maka akan semakin cepat mendeteksi masyarakat yang terpapar virus tersebut khususnya pada karyawan yang berhubungan langsung dengan pelanggan.

“Kami sangat setuju dengan program ini. Karena secara tidak langsung ini juga bagian dari upaya kami melindungi tamu hotel dari potensi penularan. Tentunya penerapan protokol kesehatan tetap menjadi prioritas utama. Pakai masker, mencuci tangan dan jaga jarak. Swab massal juga penting untuk mengetahui kondisi karyawan terpapar atau tidak. Alhamdulillah, seluruh karyawan kami yang berjumlah sekira 50 orang bebas dari Covid-19,” pungkasnya. (b/ags)

Klaster Penyumbang Pasien Covid-19
-Perkantoran 35 Persen
-Karyawan 33 Persen
-Perbankan 5 Persen

Kasus Covid-19 di Kota Kendari
Tanggal 10/12 Hingga Pukul 15.00 Wita
-Positif 3.576 Kasus
-Perawatan 306 Pasien
-Sembuh 3.228 Pasein
-Meninggal Dunia 42 Pasien

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy