Siap-siap, Pemkot Kendari Bakal Salurkan Bantuan Rp 1,5 Juta Setiap Karyawan – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Siap-siap, Pemkot Kendari Bakal Salurkan Bantuan Rp 1,5 Juta Setiap Karyawan


KENDARIPOS.CO.ID — Kabar gembira bagi karyawan yang perusahaannya mendapatkan bantuan hibah dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Pasalnya, bantuan itu juga diporsikan untuk karyawan. Setiap karyawan bakal kebagian bantuan Rp 1,5 juta. Upaya ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan hidup pekerja yang terdampak Covid-19.

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir mengatakan bantuan yang diberikan merupakan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Bantuan tersebut diharapkan bisa menjadi stimulan bagi karyawan maupun perusahaan yang terdampak Covid-19 sehingga bisa bangkit kembali.

“Nanti pegawainya (karyawan) langsung dikasih Rp. 1,5 juta. Tapi nanti kita lihat, tergantung perusahaanya bagaimana mengaturnya,” ujar Sulkarnain Kadir, kemarin.

Kota Kendari lanjut politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, merupakan salah satu daerah yang beruntung mendapatkan bantuan hibah pariwisata. Sebab, banyak daerah yang juga terdampak Covid-19 tidak mendapatkanya. Tahun ini, Kota Kendari menerima kucuran anggaran Rp 4,25 miliar.

“Bantuan itu untuk mensubsidi teman-teman (pelaku usaha) dalam mengelola pariwisata. Tapi memang kita prioritaskan bagi teman-teman yang selama ini memenuhi kewajibannya kepada pemerintah. Dalam waktu dekat dana tersebut akan kita salurkan kepada seluruh pelaku usaha. Kami harapkan kemudian bisa disalurkan juga kepada pekerja,” kata Sulkarnain.

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Kendari Abdul Rifai mengungkapkan dari 250 hotel dan restoran yang diusulkan mendapat hibah bantuan, sebanyak 247 dinyatakan sah sebagai penerima oleh inspektorat. Rifai mengaku telah menerima dana tersebut dan siap untuk diberikan kepada sejumlah hotel dan restoran yang terdampak pandemi. Adapun syarat utama yang wajib dipenuhi bagi penerima bantuan yakni rutin membayar pajak dan retribusi daerah serta memiliki tanda daftar usaha pariwisata (TDUP).

“Jika belum punya TDUP, kami harap mereka segera mengurusnya di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Kendari. Besaran nominal bantuan setiap hotel maupun restoran berbeda-beda. Tergantung dari besarnya usaha dan tingginya kesadaran pelaku usaha dalam menunaikan kewajibannya (bayar pajak),” jelasnya.

“Insya Allah bulan ini sudah disalurkan. Untuk prosedur penyalurannya nanti diserahkan kepada pengelola masing-masing. Apakah disalurkan kepada karyawan atau sebagian digunakan untuk menambah sarana dan prasarana tempat usaha sesuai protokol Covid-19 supaya bisa berjalan kembali,” tambahnya. (b/ags)

Dana Hibah Kemenparekraf
Total Bantuan Rp 4,25 Miliar
-70 Persen atau Rp 2,9 Miliar untuk Hotel dan Restoran
-30 Persen atau Rp 1,2 Miliar Diporsikan Opersional Pemda dan APIP

Hasil Verifikasi
Diusulkan 250 Hotel dan Restoran
Memenuhi Syarat 247 Hotel dan Restoran

Syaratnya
Lunasi Pajak dan Retribusi Daerah
Miliki TDUP dan Terdaftar di OSS

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy