Serapan Anggaran di Buton Masih Lamban – Kendari Pos
Buton

Serapan Anggaran di Buton Masih Lamban


KENDARIPOS.CO.ID — Peringatan Bupati Buton, La Bakry, belum diatensi maksimal oleh para pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dalam rapat koordinasi terakhir yang digelar Oktober, bupati sudah mewanti-wanti agar serapan anggaran yang saat itu baru 57 persen supaya dimaksimalkan. Terlebih saat itu APBD Perubahan sudah ditetapkan dan DPA pun juga telah diteken. Faktanya, sudah masuk pengujung tahun, serapan anggaran baru mencapai angka 68 persen. Padahal hari kerja tersisa kurang dari sebulan lagi.

La Bakry

Angka serapan itu disebutkan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Buton, Sunardin Dani. Menurutnya, imbauan dan anjuran untuk mempercepat serapan anggaran sudah disampaikan dalam setiap pertemuan bersama yang melibatkan OPD. “Serapan anggaran kurang lebih baru 68 persen,” katanya, Senin (30/11). Ia menyebut ada dinas yang masih sangat rendah realisasi anggaran kegiatannya. Kendala teknis soal itu menurut dia ada di OPD dimaksud. ” PU 10 persen, BPBD 9 persen, Perdagangan 35 persen,” sebut Sunardin Dani.

Kepala Pelaksana BPBD Buton, Manafu, mengakui angka serapan itu. Dia menjelaskan, serapannya rendah karena ada kegiatan dengan biaya besar namun baru direalisasikan tahun depan. “Itu karena dana dari pusat rehabilitasi dan rekonstrusi sudah masuk dalam DPA yang Rp 18,5 miliar dan untuk pekerjaan fisik dilaksanakan tahun anggaran 2021 sehingga mempengaruhi serapan,” jelasnya, kemarin.

Menanggapi hal itu, Bupati Buton, La Bakry, menegaskan, untuk tidak menganggap remeh serapan anggaran. “Sebenarnya tetap bisa diselesaikan. Hanya paling bagus itu disegerakan, kecuali yang memang kegiatannya belum bisa dilakukan. Tapi kalau sudah bisa, selesaikan secepatnya,” tandas La Bakry. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy