Sepanjang 2020, Kejati Sultra Selamatkan Triliunan Uang Negara – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Sepanjang 2020, Kejati Sultra Selamatkan Triliunan Uang Negara

KENDARIPOS.CO.ID — Kinerja Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra patut diapresiasi. Sepanjang tahun 2020, korps Adhyaksa ini berhasil menyelamatkan uang negara sekitar Rp 1,715 triliun. Dana tersebut bersumber dari perkara di bidang Pembinaan atau Pidana Umum (Pidum), intelijen, Pidana Khusus (Pidsus) serta Perdata dan Tata Usaha Negara (TUN).

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sultra, Sarjono Turin mengatakan terus melakukan penguatan dan meningkatkan lagi kinerja di masa mendatang. Upaya ini tak lain untuk menyelamatkan uang negara. “Tahun 2020, empat bidang berhasil menyelamatkan uang negara sekitar Rp 1.715 trilun. “Masing masing bidang memiliki kontribusi yang berbeda beda,” kata Sarjono saat menggelar konferensi pers pencapaian akhir tahun di aula Kejati Sultra, Rabu (30/12).

Untuk Pembinaan atau Pidana Umum, Sarjono menjelaskan diperoleh dari Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) seperti pendapatan dari penjualan peralatan dan mesin, pendapatan sewa tanah, gedung, dan bangunan. Selain itu, pendapatan ongkos perkara, pendapatan penjualan barang rampasan hasil sitaan yang telah diputuskan atau ditetapkan Pengadilan.

“Tidak hanya itu, ada pula pendapatan denda pelanggaran lalu lintas, uang sitaan, uang pengganti, denda hasil korupsi yang telah ditetapkan pengadilan dan pendapatan penghasilan pengembalian uang negara. Termasuk pendapatan uang sitaan tindak pidana lainnya, penerimaan kembali belanja pegawai. Total kontribusinya mencapai Rp 6,33 miliar,” jelasnya.

Penyelamatan kerugian keuangan negara bidang Intelijen kata dia, cukup besar. Hingga Desember 2020, uang yang disetor sebesar Rp 4,758 miliar. Untuk pengamanan pembangunan strategis Kejati Sultra Rp 1,026 triliun. “Kita juga melakukan pendampingan refocusing anggaran Covid-19 ke Pemda se-Sultra. Pemasukan yang masuk ke negara sebesar Rp 667 miliar,” jelasnya.

Di bidang Pidsus sambungnya, condong pada penyelamatan keuangan negara dalam perkara tindak pidana korupsi yakni sebesar Rp 9,599 miliar. Sementara bidang Perdata dan TUN sebesar Rp. 822,98 juta. “Seluruh penyelamatan keuangan negara tersebut telah dimasukkan dalam kas negara. Ini adalah bentuk kontribusi nyata Kejati Sultra serta jajaran dalam upaya pemulihan ekonomi nasional,” pungkasnya. (b/ndi)

Kontribusi Penyelematan Uang Negara

  1. Pembinaan atau Pidana Umum
    Bersumber dari PNBP Rp 6,33 Miliar
  2. Intelijen
    Penyelamatan Kerugian Negara Rp 4,758 Miliar
    Pengamanan Pembangunan Rp 1,026 Triliun
    Pendampingan Refocusing Anggaran Covi-19 Rp 667 Miliar
  3. Pidana Khusus
    Tindak Pidana Korupsi Rp 9,599 Miliar
  4. Perdata dan TUN Rp. 822,98 Juta
    Total Rp 1,715 Triliun
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy