Sengketa Lahan P2ID, Wagub Minta Warga Tak Asal Klaim – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Sengketa Lahan P2ID, Wagub Minta Warga Tak Asal Klaim

KENDARIPOS.CO.ID — Sengketa lahan Pusat Promosi dan Informasi Daerah (P2ID) seakan tak pernah usai. Meski gugatan terhadap lahan seluas 34 hektar telah ditolak pengadilan, namun Pemprov Sultra belum bisa menguasai lahan itu. Belakangan gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang berada di atas lahan itu kini dikuasai warga.

Truk pengangkut pasir dan material hilir mudik di kawasan P2ID Kendari. Lahan seluas 34 hektar ini kini dikuasai warga. Bahkan lahan ini difungsikan lokasi penjualan material, pasir dan batu.

Wakil Gubernur (Wagub) Sultra, Lukman Abunawas tak menepis hal itu. Namun ia memastikan lahan tersebut merupakan aset daerah. Apalagi Pemprov memiliki legalitas atas lahan P2ID. Atas dasar itu, pemerintah akan segera mengambil langkah konkret untuk menyelesaikan persoalan ini.

“Kita bakal tuntaskan di 2021. Tetapi untuk saat ini yang mengetahui aset itu di Biro Pemerintahan, tetapikan kita juga harus mengangkat kepala Biro yang baru sebab yang lama pensiun. Saya sudah sampaikan kepada pak Gubernur pada hari HAM lalu, kita harus segera tunjuk pejabat baru,” jelasnya kemarin.

Selama ini kata mantan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra ini, persoalan lahan P2ID memang menjadi urusan Biro Pemerintahan. Nantinya, mereka akan berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya seperti bagian Aset (BPKAD) dan Biro Hukum.

“Saya berharap pejabat baru yang ditunjuk mampu menyelesaikan persoalan ini. Makanya, orang yang ditempatkan harus paham dan mengetahui wilayah ini. Saya kira persoalan ini akan dituntaskan. Bahkan usai tahun baru kita punya program baru untuk penuntasan itu,” tegas mantan bupati Konawe dua periode ini.

“Bila ini kita tuntaskan, jangan ada lagi masyarakat yang mengklaim sesuatu yang bukan miliknya. Sebab kita berada di negara hukum. Bila memang merasa dirugikan jangan asal main rusak atau membuat kekacauan, tapi tempuh jalur hukum. Yang pastinya, kita akan ikuti seluruh prosedur hukum yang berlaku, bila memang ada laporan,” tandasnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy