Selamat! Siswa SMAN 8 Kendari Juara Umum Lomba Pantun Tingkat Provinsi

KENDARIPOS.CO.ID — Afra Ariyani, siswa SMA Negeri 8 Kendari, tampil gemilang di lomba festival pantun tingkat provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Siswi Kelas XII Mia 1 ini mampu bertengger di podium pertama dalam ajang yang digelar Dikbud Sultra kerjasama UPTD Museum dan Taman Budaya juga Asosoasi Tradisi Lisan, Selasa (15/12) malam di Hotel Claro.

Tidak tanggung-tanggung, Afra menyabet dua gelar sekaligus. Pertama juara satu pantun tingkat pelajar Sulawesi Tenggara dan juara umum untuk kategori pelajar dan mahasiswa. Khusus juara umum, SMAN 8 Kendari langsung mendapat penghargaan sebagai Pelestari dan Pengembang Pantun Nusantara Terbaik 2020 (Menuju Pengakuan Unesco). “Alhamdulillah siswa sekolah kami menjadi yang terbaik. Kami bersyukur kepada Allah SWT. Terima kasih kepada ibu Kepala Sekolah serta dukungan dari rekan guru dan para siswa. Usaha tak mengkhianati hasil,” kata guru pembimbing Afra, Kartini Said.

Foto bersama para pemenang lomba.

Lomba pantun ini diikuti para siswa dan mahasiswa. Peserta dinilai melalui video yang dikirim ke dewan juri. Mewakili SMAN 8, Afra mengirimkan video pantun tentang ajakan menikmati kuliner dan berwisata di Kota Kendari. Ia tampil berpakaian adat berlatar pemandangan pantai Nambo. Hasilnya pun membanggakan. Siswi sekolah yang dipimpin Sarkia S.Pd, M,Si dinobatkan sebagai yang terbaik dua kategori.

Afra Ariyani saat menerima trofi juara pertama di Hotel Claro.

Kartini mengungkapkan, apa yang diraih siswa merupakan hasil kerja keras. Sekolah bersama guru sangat bangga sebab Afra mampu mengalahkan rivalnya yang juga tampil memukau. “Ini akan menjadi motivasi buat kami untuk terus mengasah siswa meraih prestasi,” katanya.

Para jawara lomban festival pantun

Sementara itu, Afra Ariyani, mengaku beryukur bisa memberikan hasil bagus dalam lomba tersebut. Menurutnya apa yang diraih tidak lepas dari kedisiplinan dalam berlatih khusus mengikuti setiap arahan dari guru. “Terima kasih bu Kepsek. Terima kasih para guru SMA 8 Kendari atas semua dukungannya. Saya sangat senang bisa mengharumkan nama sekolah,” ucap Afra. Untuk diketahui, selain SMAN 8 Kendari, sekolah lainnya yang tampil bagus kategori pelajar yaitu SMAN 1 Wawonii meraih juara II. Lalu juara III milik SMAN 1 Pondidaha. (KP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *