Sekot Kendari Pimpin Penanaman Pohon di TPA Puuwatu

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagai ibu kota provinsi, Kota Kendari mengalami kemajuan yang cukup pesat. Pembangunan infrastruktur yang masih berdampak pada ali fungsi lahan yang sebelumnya hijau menjadi kawasan pemukiman. Hingga kini, alih fungsi lahan sudah mencapai 13.969 hektar. Atas dasar itulah, program penghijauan menjadi salah satu prioritas Pemkot Kendari.

Sekot Kendari, Hj. Nahwa Umar (tengah) sempatkan foto bersama Kepala BPPW Sultra, Mustaba (kanan) usai menggelar penanaman pohon di TPA Puuwatu, kemarin

Sekretaris Kota (Sekot) Kendari, Hj. Nahwa Umar mengatakan akan terus menciptakan kawasan hijau baru dengan melakukan penghijauan melalui penanaman pohon termasuk membangun ruang terbuka hijau baru (RTH) secara berkala hingga mampu memenuhi standar 30 persen RTH dari luas wilayah.

“Saat ini, untuk RTH kita baru capai 18,46 persen atau 4.863,65 hektar. Kami berusaha bisa mencapai 20 ribu hektar yang disyaratkan sesuai dengan RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) Kota Kendari tahun 2010 – 2030,” kata Nahwa Umar dalam penanaman pohon memperingati Hari Bhakti PUPR Ke- 75 di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Puuwatu, kemarin.

Perubahan area hijau menjadi area terbangun kata dia, memberikan dampak negatif terhadap lingkungan seperti perumahan, perkantoran dan jalan raya. Salah satu dampaknya adalah meningkatnya suhu perkotaan (pemanasan global). Untuk itulah, ia pemerintah akan terus mengkampanyekan gerakan menanam pohon dan penghijauan.

“Mengingat kondisi lingkungan saat ini mengalami penurunan kualitas pencemaran di mana-mana dan berujung pada intensnya pemanasan global. Mari kita awali mulai dari lingkup terkecil yaitu dilingkungan rumah masing-masing. Pohon maupun tumbuhan dapat menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen sehingga menghasilkan udara yang dingin sejuk dan nyaman,” jelasnya.

Kepala Balai Prasarana Permukiman (BPPW) Sultra, Mustaba mengaku siap membantu Pemkot untuk melakukan penghijauan. Dengan begitu, geliat pembangunan maupun alih fungsi lahan di Kota Kendari bisa diimbangi. “Jadi rangkaian kegiatan penanaman pohon yang kami laksanakan ini adalah bagian dari kepedulian insan PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) terhadap lingkungan akibat infrastruktur yang di telah bangun selama ini,” kata Mustaba.

“Semoga melalui kegiatan penanaman pohon ini bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya, khusunya dil okasi TPA Kota Kendari ini, sehingga kedepanya bisa menjadi salah satu Destinasi Wisata,” pungkasnya. (b/ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *