Sejahterakan Rakyat, Bupati Buteng Tebarkan Bantuan – Kendari Pos
Buton Tengah

Sejahterakan Rakyat, Bupati Buteng Tebarkan Bantuan


KENDARIPOS.CO.ID — Salah besar jika ada yang bilang Bupati Buton Tengah (Buteng), Samahuddin hanya melulu mengurus
infrastruktur jalan, perkantoran, dan bundaran Labungkari. Bupati pertama pilihan rakyat Buteng itu mendorong peningkatan kesejahteraan rakyatnya. Bahkan mendorong peningkatan mental spiritual masyarakat Buteng dengan pembangunan rumah ibadah. Dia blusukan ke kecamatan-kecamatan dan menebar bantuan. Bupati Samahuddin hadir menjawab kebutuhan dan menjadi solusi atas permasalahan rakyatnya.

Buktinya, petani, nelayan dan masyarakat Kecamatan Mawasangka Timur (Mawastim) mendapat bantuan perahu lengkap fasilitas pendukung seperti mesin, alat tangkap, dan life jaket (pelampung). Petani mendapat fasilitas kartu tani untuk kemudahan mendapat pupuk.

H.Samahuddin (tengah, topi cokelat) bersama nelayan di Mawasangka Timur usai penyerahan bantuan perahu, alat tangkap dan pelampung (life jacket), Rabu (2/12) kemarin.

Selain itu, Bupati Samahuddin menggenjot penyelesaian pembangunan masjid Nurul Iman di Desa Lasori. Bupati yang juga Ketua DPC PDIP Kabupaten Buteng itu memberikan dana hibah pembangunan masjid sebesar Rp 50 juta. Bupati Buteng, Samahuddin meminta petani, nelayan dan masyarakat memanfaatkan dan menjaga bantuan yang diberikan. Optimalisasi pemanfaatan bantuan itu akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Pemkab Buteng menyiapkan 48 unit bantuan perahu. Puluhan perahu ini akan diberikan kepada nelayan di tujuh kecamatan. Termasuk untuk nelayan di Kecamatan Mawasangka Timur ini,” ujar Bupati Samahuddin saat menyerahkan bantuan perahu di pantai Tanjung Buaya, Kecamatan Mawasangka Timur, Rabu (2/12) kemarin.

Suami Hj.Jusniar Samahuddin itu meyakini jika bantuan perahu yang diberikan dapat meningkatkan hasil tangkapan nelayan. Seiring dengan itu maka kesejahteraan nelayan dengan sendirinya akan meningkat. “Saya yakin, hasil tangkapan ikan nelayan lebih produktif lagi. Saya menyadari belum semua masyarakat tersentuh bantuan seperti ini. Perlahan kita akan realisasikan secara bertahap,” ungkap Samahuddin.

Bupati Samahuddin menjelaskan berbekal kartu tani, kebutuhan petani membeli pupuk bisa teratasi. Dengan kartu tani, petani bisa mendapatkan pupuk dengan harga terjangkau. “Misalnya, harga pupuk di pasaran sekira Rp 400 ribu maka dengan kartu tani ini, petani bisa membeli pupuk dengan harga Rp.90-an ribu. Kemudahan lainnya, petani tak emsti menyiapkan uang tunai. Dalam kartu tani ini, ada uang khusus untuk pembelian pupuk. Yang jumlahnya sekira Rp.10-an juta,” rincinya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Buteng, Rizal menyebutkan pengadaan bantuan perahu 48 unit bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2020 sekira Rp 2,6 miliar. “48 unit perahu ini akan disebar di tujuh kecamatan. Untuk Kecamatan Talaga Raya 3 unit, Kecamatan Mawasangka, 16 unit, Mawasangka Tengah 2 unit, Mawasangka Timur 5 unit, Lakudo 15 unit, Kecamatan Gu 3 unit dan Kecamatan Sangia Wambulu 4 unit,” sebut Rizal kepada Kendari Pos, Rabu (2/12).

Kepala Dinas Pertanian Buteng, Rajuddin mengatakan manfaat kartu tani sangat besar bagi petani. Salah satunya memudahkan petani mendapatkan pupuk dengan harga terjangkau. “Kartu tani ini dibagikan kepada 854 petani yang ada di Buteng,” kata Rajuddin.

Ketua panitia pembangunan masjid Nurul Iman di Desa Lasori, Kecamatan Mastim, La Jainu mengapresiasi bantuan yang diberikan Bupati Buteng Samahuddin. Menurut La Jainu, bantuan itu sangat berarti untuk menuntaskan pembanguna masjid. “Atas nama panitia pembangunan masjid, kami sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan Bupati Buteng, Samahuddin,” ujar Jainu. (rud/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy