Samahuddin Getol Benahi Destinasi Wisata – Kendari Pos
Buton Tengah

Samahuddin Getol Benahi Destinasi Wisata


KENDARIPOS.CO.ID — Kabupaten Buton Tengah (Buteng) terus bersolek. Bupati Buteng Samahuddin tak hanya melulu mengurusi penyediaan infrastruktur dasar. Mata bupati pertama pilihan rakyat Buteng itu tetap awas memperhatikan sektor lainnya. Sebut saja sektor pariwisata.

Di tangan Bupati Samahuddin, Buton Tengah kian menawan dengan gugusan pantai dan destinasi wisata lainnya. Melihat potensi pariwisata di daerahnya cukup menjanjikan untuk mendulang rupiah dan menambah punci-pundi pendapatan asli daerah (PAD), Samahuddin getol turun memastikan sektor pariwisata tertata dengan baik oleh dinas teknisnya.

Bupati Buton Tengah (Buteng) Samahuddin meninjau potensi destinasi wisata di daerahnya. Saat ini Pemkab Buteng sedang getol-getolnya meningkatkan sektor pariwisata yang diyakini dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Kabupaten berjuluk negeri seribu gua punya beragam destinasi wisata. Mulai wisata pantai, danau dan gua. Bupati Samahuddin punya keyakinan suatu saat nanti, Buteng terdepan dalam
sektor pariwisata di Sultra.

“Walaupun saat ini, ada satu wisata yang sudah menjadi tempat favorit bagi pengunjung, yakni pantai Mutiara. Namun masih ada lagi destinasi yang tidak kalah menariknya seperti pantai Tanjung Buaya, pantai Bone Labunta, danau Anano Te’i dan Gua Laumehe,” ujar Samahuddin kepada Kendari Pos, Selasa (22/12).

Saat ini Pemkab Buteng dalam komando Bupati Samahuddin tengah membenahi dan memoles fasilitas pendukung pariwisata. Targetnya, tahun 2021 sudah rampung. Wahana di pantai Tanjung buaya, danau Anono Tei, Bone Labunta sedang disiapkan. Sedangkan gua Laumehe masih dilakukan pengembangan ruang dalam gua.

“Sedikit lagi akan rampung. Tinggal pembenahan saja sekarang yang akan dilakukan. Sementara akses jalan masuk menuju destinasi wisata sudah dibangun. Bahkan masyarakat sudah bisa mengakses lokasi Wisata,” jelas Bupati Buteng, Samahuddin.

Ketua DPC PDIP Kabupaten Bueng itu menambahkan peningkatan destinasi wisata tidak lain untuk kemajuan daerah. Di sisi lain juga, dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Misalnya, masyarakat dapat merintis usaha kuliner di area wisata.

“Saya meyakini peningkatan sektor pariwisata berkorelasi terhadap kemajuan daerah. Pada saat yang sama, ekonomi masyarakat juga akan meningkat. Sektor pariwisata ini sangat baik untuk kita kembangkan,” tegas Samahuddin.

Potensi pariwisata yang berada di wilayah pedesaan dapat pula dikembangkan. Menurut
Bupati Buteng Samahuddin para kepala desa dapat memanfaatkan Dana Desa (DD) untuk pengembangan sektor wisata untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan desa itu sendiri.

“Suatu desa yang memanfaatkan DD untuk pembangunan pariwisata maka akan mandiri. Begitu juga masyarakatnya. Karena potensi wisata begitu besar dalam memajukan daerah. Alhamdulillah sudah ada beberapa desa yang memanfaatkan DD tersebut,” ungkapnya.

Bupati Buteng, Samahuddin berharap ke depannya sektor pariwisata yang sedang digenjotnya berjalan lancar. Apalagi ini demi kemajuan daerah. Olehnya itu, peran semua elemen sangat dibutuhkan dalam memajukan sebuah daerah. (rud/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy