Safari Dekranasda, Agista Ariany Puji Karya Perajin di Bumi Mekongga


KENDARIPOS.CO.ID — Safari daerah Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekrenasda) Sultra, Agista Ariany berlanjut. Usai safari ke Kabupaten Bombana, Agista menjejak tanah Kolaka, kemarin. Di kabupaten berjuluk Bumi Mekongga itu, Agista Ariany berkomitmen akan mendukung kerajinan di seluruh wilayah Sultra, termasuk Kolaka agar mampu bersaing di pentas nasional.

Ketua Dekranasda Sultra, Agista Ariany (tengah) didampingi Bupati
Kolaka Ahmad Safei (dua dari kanan) dan Wakil Bupati Kolaka Muhammad Jayadin (kiri) mengunjungistan pameran mini, Selasa(8/12) kemarin.

Agista Ariany menegaskan, pihaknya akan membantu mengembangkan karya para perajin hingga ke tingkat nasional. “Tugas dari Dekranasda Provinsi itu membawa kerajinan dari Sultra untuk bersaing di tingkat nasional. Caranya yaitu dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas serta faktor lain seperti bahan baku itu kita akan bantu,” ujarnya disela-sela kunjungan stan pameran mini didampingi Bupati Kolaka Ahmad Safei dan Wakil Bupati Kolaka Muhammad Jayadin, Selasa (8/12) kemarin.

Ketua TP PKK Sultra itu menjelaskan sebagai bentuk dukungan, pihaknya bekerja sama dan melibatkan semua organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mendukung kerajinan daerah di Bumi Anoa. “Kami Dekranasda Propinsi tentu harus mendukung. Apalagi struktur Dekranasda itu sudah semakin luas karena semua OPD dilibatkan. Sehingga untuk kedepan para perajin akan semakin leluasa berkreasi untuk menjadi UMKM yang maju,” tutur Agista Ariany.

Usai pertemuan bersama Bupati Kolaka, Ahmad Safei, Wakil Bupati Kolaka, Muhammad Jayadin, pengurus Dekranasda Kolaka dan perajin se-Kabupaten Kolaka, Agista melihat karya perajin binaan Dekranasda Kolaka dalam pameran mini.

Agista Ariany terpukau dan kagum dengan karya kerajinan perajin yang dipamerkan pada pameran mini tersebut. Ia mengatakan, kerajinan di Kabupaten Kolaka setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. “Kolaka dari dulu potensi kerajinannya memang selalu maju karena masyarakat UMKMnya mau diberi bimbingan dan motivasi sehingga mereka cepat berkembang. Setiap tahun ada hal baru yang ditonjolkan dan membuat masyarakatnya lebih sejahtera,” ungakpnya di aula Sasana Praja Kantor Bupati Kolaka, kemarin.

Istri Gubernur Sultra Ali Mazi itu menegaskan pandemi Covid tidak boleh menjadi masalah bagi para perajin untuk berhenti berkarya. Sebab, pihak Kominfo dan pemerintah bisa berpartisipasi melalui sistem teknologi digitalisasi.

Sementara itu, Pengurus Dekranasda Kolaka Bidang Promosi, Hj Andi Wahidah mengatakan pertemuan itu merupakan kegiatan yang dilaksanakan rutin oleh Dekranasda Sultra. Kata dia, kegiatan tersebut sangat memberikan dampak positif dalam kemajuan Dekranasda Kabupaten Kolaka.

“Saya berharap ke depannya Dekranasda Kolaka bisa lebih mampu memberi kontribusi aktif dalam pengembangan UMKM khususnya di ranah kerajinan. Ini sesuai dengan visi Bupati Kolaka yaitu menjadikan Kolaka yang semakin maju, berkeadilan dan sejahtera,” ujar wanita yang menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kolaka ini. (fad/b)

Facebooktwittermail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.