Rusman Emba Fokus Bahas Anggaran 2021

KENDARIPOS.CO.ID — Masa kampanye Pilkada serentak telah berakhir 5 Desember. Petahana LM. Rusman Emba yang sempat cuti selama 71 hari, kembali bekerja. Rusman mengaku akan fokus menghadapi tahun anggaran 2021, sebab masa tugasnya sebagai bupati Muna akan berakhir 2 September 2021 mendatang.

LM. Rusman Emba dan dr Baharuddin

Mantan Ketua DPRD Sultra itu mangatakan sejumlah agenda telah ia siapkan. Terutama urusan konsolidasi birokrasi dalam menghadapi tahun anggaran 2021, seperti rencana penyusunan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2021 yang harus segera ditetapkan menjadi peraturan daerah. “Tentu yang pertama adalah APBD. Kita akan fokus pembahasan APBD 2021 agar bisa selesai sebelum tahun anggaran dimulai,” jelas calon bupati Muna petahana itu.

Mantan anggota DPD-RI itu akan melakukan kunjungan kerja atau safari dinas ke seluruh otoritanya untuk memastikan kesiapan unsur pemerintah desa dan kecamatan dalam menyongsong tahun anggaran 2021. Sejumlah program prioritas sendiri akan difokuskan dalam penyusunan APBD 2021, di antaranya sektor pertanian, infrastruktur jalan, irigasi, air bersih, perikanan dan pariwisata.

Selain itu, juga menyiapkan program Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP). Apalagi ruang fiskal sudah cukup tersedia setelah utang daerah dilunasi. Rusman juga mengaku akan melakukan evaluasi terhadap birokrasi, baik menyangkut realisasi program kerja tahun 2020 maupun evaluasi kinerja aparatur.

“Evaluasi itu rutin dilakukan setiap akhir tahun anggaran. “Semua akan di evaluasi agar tahun depan akselerasi pembangun lebih terukur,” pungkasnya. (Ode)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *