Rawan Money Politic di Masa Tenang – Kendari Pos
Politik

Rawan Money Politic di Masa Tenang

KENDARIPOS.CO.ID — Intensitas pengawasan di masa tenang makin ditingkatkan. Bawaslu Sultra fokus memantau aktivitas paslon dan tim kampanyenya di ranah sosial maupun media sosial. Praktek money politik akan dicegah dengan patroli dan razia.

Ketua Bawaslu Sultra Hamiruddin Udu menuturkan, momen masa tenang selama tiga hari (6-9 Desember), ada beberapa titik fokus yang menjadi sasaran utama pengawasan. Yaitu, politik uang, paslon atau tim kampanye yang masih berkampanye, dan distribusi formulis C6 serta logistik pilkada.

“Alat Peraga Kampanye (APK) paslon yang belum diturunkan, bakal ditertibkan. Selain itu memastikan pembuatan Tempat Pemungutan Suara (TPS), sesuai dengan standar yang telah ditetapkan KPU,” kata Hamiruddin Udu.

Untuk mencegah politik uang, kata dia, akan digelar pengawasan patroli dan razia. Sedangkan pengawasan kampanye di masa tenang, dipantau dengan memonitoring seluruh aktivitas paslon dan timnya.
Larangan kampanye di luar jadwal diatur pada pasal 69 huruf k UU No 1/2015 tentang pilkada. Pelanggaran terhadap pasal tersebut diancam pidana sebagaimana disebutkan pada pasal 187 ayat 1.

“Bagi paslon atau tim yang melakukan kampanye di luar jadwal diancam pidana paling singkat 15 hari dan paling lama 1 bulan dengan denda paling rendah Rp 100 ribu dan paling banyak Rp 1 juta,” tandasnya.

Sementara itu, Anggota KPU Sultra Iwan Rompo menyampaikan selama masa tenang, tidak diperkenankan paslon, tim kampanye, dan masyarakat menggelar kampanye baik secara berkelompok ataupun personal. Larangan tersebut juga berlaku bagi media massa. Tidak dibolehkan menyampaikan hal yang berkaitan dengan paslon tertentu, partai politik dan lainnya.

“Jadi seluruh APK yang dipakai selama masa kampanye, harus ditanggalkan,” terang Iwan Rompo
(ali/c).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy