Proyek Refocusing Koltim Masuk APBD 2021


KENDARIPOS.CO.ID — Dampak pandemi virus pada tahun 2020 ini membuat banyak proyek yang mengalami refocusing anggaran karena dialihkan untuk penanganan Covid-19. Di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), banyak proyek yang telah terencana bahkan telah dikerjakan, harus tertunda karena dana pengerjaannya dialihkan. Sekertaris Kabupaten (Sekab) Koltim, Eko Santoso Budiarto, menyampaikan, semua proyek yang terkena dampak Covid-19 dan anggarannya telah direfocusing tahun ini, akan dilanjutkan tahun 2021. Sebab telah dimasukkan dalam postur anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tahun 2021.

Eko Santoso Budiarto

Mantan Asisten I Setkab Koltim itu mengatakan, proyek yang belum tender tetapi masuk dalam program 2020 juga ikut dianggarkan kembali tahun depan. Ia menambahkan, jika kebutuhan prioritas masyarakat, Pemkab Koltim selalu memikirkannya serta merealisasikan dengan cepat, cermat dan tepat. “Memang dalam postur APBD 2021, sektor pendidikan dialokasikan 20 persen, kesehatan 10 persen, infrastruktur 25 persen dan tunjangan pegawai (TPP), dana covid dan anggaran telah diatur sesuai proporsional,” rinci Ketua KONI Koltim itu, kemarin.

Eko SB menjelaskan, APBD 2021 tetap berpihak kepada masyarakat. Tentunya skala prioritas yang dibutuhkan segera diwujudkan. Apalagi Koltim masih minim APBD sekitar Rp 731 miliar pada tahun depan. Sehingga pengelolaan keuangan harus dapat dimaksimalkan sesuai kebutuhan. (c/kus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *