Pilkada Serentak Sukses, Partisipasi Pemilih Melampaui Target Nasional – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Pilkada Serentak Sukses, Partisipasi Pemilih Melampaui Target Nasional


KENDARIPOS.CO.ID — Kontestasi pilkada serentak 9 Desember 2020 berlangsung kondusif dan tertib. Partisipasi pemilih menyajikan trend sangat positif. Kendati digelar dalam suasana pandemik covid-19, kekhawatiran degradasi partisipasi pemilih sirna.

KPU secara nasional mematok partisipasi pemilih sekira 75,5 persen. Sementara partisipasi pemilih di tujuh daerah Pilkada rata-rata berada di range 80 hingga 90 persen (lihat grafis). Persentasi itu menjadi indikator itu Pilkada sukses digelar.

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir Muthalib mengatakan, pencapaian tersebut merupakan output kerja KPU Kabupaten yang bergerak ekstra dan maksimal menjalankan tugas-tugasnya. Misalnya, sosialisasi KPU sukses meruntuhkan kekhawatiran pemilih ke TPS akan terpapar Covid-19. KPU menerapkan prokes pencegahan Covid-19 secara ketat.

Menurut La Ode Abdul Natsir Muthalib, sosialisasi yang digaungkan secara masif sangat berefek menyentuh kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi pada pemungutan suara. “Angka partisipasi tinggi pemilih tahun ini, menunjukkan pemilih Indonesia loyal dan kooperatif terhadap agenda elektoral. Kondisi pandemi Covid-19, ternyata tak menghalangi pemilih untuk menyalurkan hak pilihnya. Ini adalah modal kekuatan demokrasi kita,” kata La Ode Abdul Natsir kepada Kendari Pos, Senin (21/12) kemarin.

Selain itu, kata dia, pencapaian ini menunjukkan kesadaran politik masyarakat kian meningkat. Karena partisipasi pemilih tahun 2020 ini paling tinggi sejak Pilkada digelar tahun 2015, 2017, dan 2018. “Keadaan ini mesti dirawat dan terus ditumbuhkan. Agar pada kegiatan pemilihan di masa yang akan datang bisa lebih meningkat lagi,” ungkapnya.

Abdul Natsir menjelaskan, kesuksesan lain penyelenggaraan pilkada di Sultra adalah penerapan aplikasi hitung cepat Sirekap. Tujuh KPU kabupaten penyelenggara pilkada menjadi yang tercepat dalam penghitungan suara melalui aplikasi sirekap.

“Pencapaian sukses lainnya yaitu nihil pemungutan suara ulang (PSU). Ini semua lahir dari kerja penyelenggara bersama stakeholder secara tepat dengan tingkat disiplin dan profesional yang baik,” tandasnya.

Pengamat politik Sultra, Dr. Najib Husain mengatakan, tingginya partisipasi pemilih dipengaruhi oleh beberapa faktor politik. Diantaranya, tumbuhnya kesadaran politik masyarakat akibat masifnya sosialisasi oleh KPU, Bawaslu dan stakeholder lainnya, baik pada ranah sosial ataupun di ruang digital.

Berikutnya dipengaruhi oleh pengamatan pemilih bahwa figur yang tampil merupakan kandidat idola atau harapan mereka (pemilih). Melihat dari visi misi dan dari segi penilaian personal figur tertentu. Dan momen pemungutan suara adalah sasaran tepat untuk mengekspresikannya agar harapan figur yang didambakan tersebut bisa terpilih.

“Faktor lainnya karena melihat keberhasilan pembangunan oleh petahana yang tampil dalam percaturan politik pilkada. Untuk membalas keringat hasil kerja pemerintah, yakni dengan kembali mendukungnya untuk melanjutkan kepemimpinan dua periode,” kata Dr. Najib Husain kepada Kendari Pos, Senin (21/12).

Najib Husain menjelaskan, adanya afiliasi partai politik dengan organisasi kemasyarakatan (Ormas) seperti NU, Muhammadiayah, juga ikut memengaruhi partisipasi pemilih. Ini terjadi pada oknum yang menjadi pengurus partai sekaligus menjadi bagian dari ormas tertentu.

Faktor selanjutnya yakni disebabkan oleh mobilisasi paslon tertentu dengan menggunakan cara money politic untuk menarik simpati sekaligus dukungan para pemilih. “Penelitian terakhir yang kami lakukan, sekitar 46 persen masyarakat Sultra termasuk dalam kategori penerima money politic. Kita berharap kurva atau angka transasaksi money politik di tengah masyarakat saat momentum pemilihan terus terminilir. Agar sistem demokrasi kita sehat dan bersih dari berbagai kejatahan politik” tandasnya.(ali/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy