Perkuat Pekebun Kakao Melalui Korporasi

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 22 kelompok Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) diedukasi pihak Dinas Perkebunan dan Hortikultura Pemprov Sulawesi Tenggara (Sultra), bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim). Diharapkan, pekebun kakao dapat mengembangkan hasil tanamannya dengan sistem korporasi. Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura Pemprov Sultra, La Haruna, menyampaikan, sistem korporasi merupakan cara tepat untuk membangun kembali kejayaan kakao di daerah termasuk di Koltim. Pada masa lalu, pekebun kakao Koltim pernah merasakan kejayaan ekonomi.

Pertemuan dalam rangka menumbuhkan peran korporasi bagi pekebun kakao yang dihelat pihak Dinas Perkebunan dan Hortikultura Sultra di Koltim.

“Kami berikan pemahaman dalam menumbuhkan korporasi pekebun kakao. Kurang lebih 350 orang dari 22 LEM se-Koltim mengikuti penguatan kelembagan ini. Saya harap benar-benar menerapkan korporasi kakao. Sehingga diharapkan komoditas ini bisa kembali berjaya,” kata La Haruna, Senin (21/12). Sementara itu Plt. Kadis Perkebunan dan Hortikultura Koltim, Lasky Paemba, mengatakan, kegiatan penguatan kelembagaan pekebun kakao melalui pengembangan korporasi diikuti 350 orang dari 22 LEM.

“Saya harap pola pengembangan korporasi petani ini, khususnya LEM, dapat tumbuh dan berkembang. Serta pekebun yang tergabung dalam korporasi bersatu dalam mengelola usaha, sehingga dapat berproduksi maksimal,” imbuhnya. (b/kus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *