Perahu Purbakala di Muna Spot Baru Ruang Publik – Kendari Pos
Muna

Perahu Purbakala di Muna Spot Baru Ruang Publik

KENDARINEWS.COM — Penataan kawasan pesisir Kota Raha (water front city) tahap satu akhirnya diselesaikan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna memproyeksikan kawasan itu sebagai ruang publik baru bagi masyarakat perkotaan. Water front city sendiri memiliki spot menarik berupa patung perahu purbakala sebagai ikonnya.

Penataan water front city tahun 2020 merupakan pekerjaan lanjutan tahun sebelumnya. Pemkab mengalokasikan Rp 600 juta melalui refokusing APBD tahap III. Proyek tersebut sudah dimulai tahun 2018 dan 2019 masing-masing meliputi penataan lahan dan pembangunan area publik. Sempat terhenti akibat rekanan tak menyelesaikan kontrak, program unggulan Bupati Muna, LM. Rusman Emba, itu akhirnya mulai bisa dinikmati masyarakat.

“Waterfront akan menjadi ruang interaksi baru bagi masyarakat,” kata Bupati Muna, LM. Rusman Emba, Minggu (27/12). Rusman menerangkan, water front city memiliki satu keunikan berupa patung perahu purbakala. Bentuk perahu tersebut dibuat seperti gambar yang tertera di situs purbakala Gua Liangkabori. Perahu sengaja dijadikan ikon untuk alasan historis yang mengingatkan sebagian ciri leluhur suku Muna ialah pelaut. Selain itu, perahu juga untuk menujukkan potensi bahari Kab. Muna yang melimpah.

“Selain alasan estetis, perahu juga sangat lekat dengan sisi historis. Kita ingin angkat kembali agar masyarakat bisa mengambil nilainya,” sambungnya. Lebih jauh, Rusman mengatakan pembangunan water front itu merupakan bagian dari proyek pengembangan Kota Raha yang sepaket dengan pembangunan kota baru Motewe. Selain sebagai ruang publik, water front juga dibangun untuk merevitalisasi pesisir pantai Laino. “Jadi pantai bisa dijaga dari abrasi,” imbuhnya. (c/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy