Penyaluran Beasiswa Sultra Cerdas, Asrun Lio : Jangan Percaya “Oknum” Mengatasnamakan Dikbud – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Penyaluran Beasiswa Sultra Cerdas, Asrun Lio : Jangan Percaya “Oknum” Mengatasnamakan Dikbud

KENDARIPOS.CO.ID — Para penerima beasiswa Sultra Cerdas jenjang perguruan tinggi bisa tersenyum semringah. Di penghujung tahun 2020, Pemprov Sultra akhirnya mencairkan dana beasiswa. Dari hasil verifikasi yang dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, sebanyak 200 berkas yang memenuhi persyaratan. Mereka terdiri dari 185 mahasiswa strata satu (S1), 12 penerima menempuh pendidikan magister (S2) dan 3 lainnya jenjang doktoral (S3).

Asrun Lio

Kepala Dikbud Sultra, Asrun Lio mengatakan proses penyaluran beasiswa khususnya jenjang perguruan tinggi agak terlambat. Normalnya, November sudah masuk tahap pencairan. Namun karena covid-19, proses pencairannya diundur. Pasalnya, proses pemberkasan dan verifikasinya sempat diundur.

Anggaran yang dikucurkan Pemprov Sultra, sekitar Rp 1,657 miliar. Rinciannya, jenjang pendidikan S1 paling besar sekitar Rp 1,387 miliar, S2 Rp 180 juta dan S3 Rp 90 juta atau Rp 30 juta bagi 3 penerima. “Penyaluran beasiswa ini bagian dari Program Sultra Cerdas yang menjadi salah satu program priorotas Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN),” jelasnya kemarin.

Ia mengingatkan para penerima beasiswa tidak mempercayai adanya oknum yang melakukan pemotongan atas biaya apapun dan besaran berapapun jumlahnya. Dalam proses penyaluran beasiswa, tidak ada pemotongan jumlah beasiswa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Jadi, jangan mempercayai oknum yang tidak bertanggungjawab apalagi mengatasnamakan Dikbud melakukan pemotongan. Pemotongan dari pihak Dikbud ini tidak mungkin sebab dananya langsung ditransfer ke rekening masing-masing penerima beasiswa,” tegas Asrun Lio.

Besaran beasiswa kata dia, disesuaikan dengan jenjang pendidikannya. Untuk tingkatan S1 sebesar Rp. 7,5 juta per orang, S2 sebesar 15 juta per orang, dan S3 sebesar 30 juta per orang. Bantuan ini murni APBD Sultra sebagai salah satu program utama pemerintah daerah Sultra di bidang pendidikan.

Saat ini, sudah masuk pada proses pembuatan buku rekening masing-masing penerima beasiswa. Dalam pekan ini diharapkan telah cair seluruhnya sehingga bisa sampai ke tangan tiap mahasiswa. “Kami berharap dana beasiswa yang diterima oleh para mahasiswa bisa bermanfaat serta dapat membantu meringankan biaya akademik mahasiswa,” pungkasnya. (b/rah)

Beasiswa Sultra Cerdas 2020 Jenjang S1-S3
-Anggaran Rp 1.657.500.000
-Penerima 200 Penerima

Jenjang Jumlah Penerima Besaran Beasiswa
S1 185 Penerima Rp 7,5 Juta Perorang
S2 12 Penerima Rp 15 Juta Perorang
S3 3 Penerima Rp 30 Juta Perorang

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy