Pemkab Konkep Serahkan Bantuan Alat Tangkap Ikan – Kendari Pos
Konawe Kepulauan

Pemkab Konkep Serahkan Bantuan Alat Tangkap Ikan


KENDARIPOS.CO.ID — Perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) pada kelompok nelayan, patut diapresiasi. Kebutuhan warga dalam melakukan aktivitas tangkap ikan ramah lingkungan disahuti pemerintah. Ada 42 perahu ketinting yang disalurkan bagi 21 kelompok usaha bersama (KUB) pada tujuh kecamatan di Pulau Wawonii tersebut. Selain perahu, Pemkab melalui Dinas Perikanan Konkep juga menyerahkan 100 alat bantu penangkapan ikan cool box, 20 unit Global Positioning System (GPS). Termasuk sarana dan prasarana pemberdayaan usaha pembudidayaan skala kecil ikan nila dan lele.

Bupati, Ir. H. Amrullah (kanan) didampingi Kadis Perikanan, Jems Adam Mokke (kiri) Sekab Konkep, Cecep Trisna Jayadi (kedua dari kiri) serta Ketua DPRD, Ishak (kedua dari kanan) ketika menyerahkan bantuan alat tangkap pada nelayan, kemarin.

Bupati Konkep, Ir. H. Amrullah, MT menyerahkan langsung ratusan bantuan kepada KUB nelayan di Aula Dinas Perikanan Konkep, Rabu (30/12). Konkep-1 itu berharap, agar bantuan yang baru saja diserahkan, bisa dimanfaatkan sebaik mungkin demi meningkatkan perekonomian masing-masing KUB. “Atur manajemen dengan sebaik-baiknya sesama kelompok agar bisa mendapatkan hasil tangkap yang baik dan bisa menunjang perekonomian,” kata Amrullah.

Bagi nelayan yang belum tersentuh bantuan, diminta tetap bersabar. Pemkab Konkep terus berupaya agar kebutuhan alat tangkap seluruh nelayan tetap terpenuhi. Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perikanan, Jems Adam Mokke, mengatakan, nelayan yang baru saja mendapatkan bantuan, merupakan kelompok yang sudah mengajukan proposal tahun sebelumnya. Sehingga pihaknya mengajukan di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI.

Mantan Kadis Perindakop dan UKM Konkep itu berharap, alat tangkap yang baru saja diserahkan, untuk tidak dijual dan disalahgunakan. Jems menegaskan, jika bantuan sarana prasarana alat tangkap nelayan tersebut disalahgunakan, maka pihaknya tidak segan untuk menarik kembali. “Ada 42 perahu ketinting dengan mesin 3 GT serta alat penangkap ikan untuk 21 KUB di seluruh kecamatan. 100 alat bantu tangkap ikan cool box untuk 6 KUB dan satu koperasi nelayan di Wawonii Barat dan Wawonii Utara yang kita salurkan. 20 GPS untuk penangkap ikan tuna serta pemberdayaan usaha budi daya ikan nila dan lele di Kecamatan Wawonii Utara dan Wawonii Tenggara,” tandasnya. (b/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy