Pemerintah Hentikan Rekrutmen Guru CPNS, Semuanya Diarahkan ke PPPK – Kendari Pos
Nasional

Pemerintah Hentikan Rekrutmen Guru CPNS, Semuanya Diarahkan ke PPPK


KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah akan menghentikan rekrutmen guru CPNS. Formasi guru semuanya akan diisi oleh pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Kebijakan ini menurut Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana dimulai tahun 2021 dengan membuka formasi satu juta guru PPPK.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana

“Mulai tahun depan, tidak ada lagi rekrutmen guru CPNS. Seluruhnya dialihkan ke PPPK. Jadi guru-guru PNS yang pensiun, semuanya akan diisi PPPK,” ungkap Bima dalam konferensi pers akhir tahun secara daring, Selasa (29/12).

Dia menegaskan, kebijakan tersebut diambil untuk mengatasi masalah kekurangan guru yang setiap tahun terjadi. Dengan mengalihkan semua guru menjadi PPPK, tidak ada lagi daerah yang kekurangan guru. “Guru ke depan tidak ada yang PNS karena selama ini setelah lima tahun mereka minta pindah sehingga merusak tata kelola guru. Selama 20 tahun pemerintah terbebani dengan masalah kekurangan guru ini,” terangnya.

Bima Haria mengatakan, selama 20 tahun terakhir telah terjadi ketidakseimbangan sistem distribusi guru antardaerah secara nasional karena pemerintah membuka formasi guru untuk seleksi CPNS. “Karena apa? Karena kalau PNS, setelah mereka bertugas empat sampai lima tahun, biasanya mereka ingin pindah lokasi dan itu menghancurkan kemudian sistem distribusi guru secara nasional,” kata Bima.

Selama 20 tahun juga, kata Bima, BKN berupaya keras menyelesaikan persoalan distribusi guru tersebut, tapi penyelesaiannya tidak pernah berhasil, karena formasi CPNS untuk guru masih terus saja dibuka. “Jadi ke depan, sistemnya akan diubah menjadi PPPK,” kata Bima.

Dia menegaskan, bila guru PPPK berharap bisa ikut tes CPNS guru, kondisinya tidak akan memungkinkan. Kecuali guru PPPK mencoba formasi selain guru. Itu pun selama memenuhi syarat. “Saya sarankan lebih baik guru PPPK tidak punya keinginan untuk pindah jadi CPNS. Sebab kami tidak akan membuka formasi guru CPNS mulai tahun depan dan seterusnya. Toh PNS dan PPPK itu sama-sama aparatur sipil negara (ASN), kesejahteraannya juga sama,” pungkasnya. (esy/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy