Partisipasi Pemilih di Konut Tertinggi di Sultra – Kendari Pos
Politik

Partisipasi Pemilih di Konut Tertinggi di Sultra

KENDARIPOS.CO.ID — Partisipasi pemilih pada Pilkada tujuh kabupaten di Sultra melampaui target nasional 75 persen. Konawe Utara (Konut) menjadi kabupaten dengan partisipasi pemilih tertinggi yang mencapai 92,96 persen. Terendah di Muna dengan 82,25 persentase pemilih.

La Ode Abdul Natsir

Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPUD Konut, Prasetyo Hariwibowo menyampaikan 43.382 warga yang menyalurkan hak suara dari 46.123 daftar pemilih tetap (DPT). Adapun suara sah 42.864 dan 518 suara tak sah.

Berdasarkan pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara, Ruksamin-Abuhaera meraih suara sebanyak 24.263 atau 56,62 persen. Sedangkan Raup-Iskandar meraih 18.596 suara atau 43, 38 persen.

Sementara itu, Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir Muthalib mengatakan, partisipasi Pilkada tahun ini melampui target nasional. pencapaian tersebut merupakan output kerja KPU Kabupaten yang bergerak ekstra dan maksimal menjalankan tugas-tugas penyelenggara. Misalnya, menjawab kekhawatiran atau ketakutan para pemilih, ihwal ancaman pandemi Covid-19 ketika datang ke tempat pemungutan suara.

Hal itu, kata dia, tak lepas dari penerapan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat di area TPS. “Sosialisasi masif di tengah masyarakat. Termasuk sinergi dengan media yang intens memberitakan, sangat berefek menyentuh kesadaran masyarakat untuk berpatisipasi pada kegiatan pemungutan suara. Angka partisipasi tinggi pemilih tahun ini, menunjukkan pemilih Indonesia loyal dan kooperatif terhadap agenda elektoral. Kondisi pandemi Covid-19, ternyata tak menghalangi pemilih untuk menyalurkan hak pilihnya. Ini adalah modal kekuatan demokrasi kita,” kata La Ode Abdul Natsir kepada Kendari Pos, Senin (21/12).

Selain itu, kata dia, pencapaian ini menunjukkan kesadaran politik masyarakat kian meningkat. Karena di antara Pilkada dari tahun 2015, 2017, dan 2018, yang paling tinggi partisipasi pemilih adalah tahun 2020 ini. Bentuk eskalasi demokrasi di jazirah Sultra dalam keadaan sehat dan senantiasa tumbuh.

“Keadaan ini mesti dirawat dan terus ditumbuhkan. Sehingga pada pemilihan di masa yang akan datang bisa lebih meningkat lagi,” tandasnya. (ali/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy