Para Paslon Saling Klaim Menang – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Para Paslon Saling Klaim Menang


KENDARIPOS.CO.ID — Ketatnya kompetisi perolehan suara sementara Pilkada memunculkan saling klaim kemenangan dari pasangan calon. Petahana di Kabupaten Konawe Utara (Konut) Ruksamin bersama tandemnya Abuhaera (Rabu) mengklaim unggul 23.667 suara atau 56,75 persen atas rivalnya, Raup- Iskandar (NKRI).

“Alhamdulillah, hasil yang kami umumkan tadi adalah real count berdasarkan data saksi kami di setiap TPS. Ini kemenangan rakyat Konut,”ujar calon Bupati Konut, Ruksamin, saat konferensi pers dikediamannya di Desa Basule Kecamatan Lasolo, Rabu (9/12) kemarin.

Ruksamin menegaskan dari hasil real count 23.667 suara atau 56,75 persen itu minus dua TPS yang belum masuk. Yakni TPS Desa Asemi Nunulai Kecamatan Asera dan TPS Desa Morome Utama.

“Kita memang punya target, namun sesungguhnya Allah SWT yang menentukan hasil dari upaya kita,”ujar
Ketua DPW PBB Sultra itu.

Sementara Sekretaris Pemenangan paslon Raup-Iskandar, Indra Supriadi tidak berhasil dikonfirmasi. Nomor telepon Indra tak aktif. Pesan WhatsApp pun belum direspons.

Klaim menang juga datang dari paslon Samsul Bahri Madjid-Andi Merya.
Penantang petahana di Pilkada Kolaka Timur (Koltim) itu mengklaim unggul 51,09 persen dari hasil real count atau versi saksi di TPS. Sedangkan sang petahana Tony Herbiansyah-Baharuddin (BersaTU) meraih 48,10 persen suara.

Sekretaris pemenangan SBM-Andi Merya, Asri Alam mengatakan, keunggulan SBM-Andi Merya 51,09 persen itu berasal dari total 91 persen suara yang masuk. “Alhamdulillah, ungkapan rasa syukur kehadirat Allah SWT karena atas perkenannya telah mengijabah doa, usaha dan kerja keras seluruh pejuang SBM. Ini kemenangan rakyat Kolaka Timur. Tetapi kita harus menunggu penetapan pemenang secara resmi oleh KPU Koltim yang diplenokan secara berjenjang,” kata Asri Alam kepada Kendari Pos, kemarin.

Klaim kemenangan SBY-Andi Merya itu disikap tenang Sekretaris Pemenangan paslon Bersatu, Erikman Rahmat. Kata dia, real count atau hitung cepat merupakan sah-sah saja tetapi tidak menjadi patokan. Menurutnya versi KPU yang dihitung secara manual tetap menjadi penentunya.

“Kami keluarga besar BersaTU tetap menunggu hasil resmi dari KPU Koltim. Mari kita sama-sama mengawal proses rekapitulasi hasil surat suara hingga tuntas di KPU Koltim,” kata Erikman Rahmat pada Kendari Pos, Rabu (9/12).

Kontestan Pilkada Wakatobi, Haliana dan Ilmiati Daud diklaim unggul dari petahana, Arhawi-Hardin La Omo. Sang penantang, Haliana meyakini hasil quick count dan real count akan tetap sama. Paslon Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi nomor urut 2 Haliana-Ilmiati Daud hingga sore kemarin mendapat ucapan selamat dari kolega dan simpatisannya.

Meski hanya unggul tipis, tim pemenangan sudah yakin jika dua jagoannya akan dilantik 2021 mendatang.

“Kemenangan ini milik kita bersama tapi kita tetap menunggu pleno KPU. Mudah-mudahan akan sama dengan hasil akhir nanti,” kata Haliana, kemarin.

Petahana di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Amrullah-Andi Muh.Lutfi mengklaim unggul dari tiga rivalnya. Duet berakronim “Beramal” Jilid 2 itu
mengklaim unggul 51,6 persen. “Ini adalah kepercayaan masyarakat Konkep untuk melanjutkan pembangunan demi kemajuan daerah. Semoga amanah ini kami pegang dengan sebaik mungkin,” kata Amrullah saat merayakan kemenangannya di posko utama paslon Beramal, Rabu (9/12) kemarin.

Amrullah mengatakan dari hasil hitung cepat tim pemenangannya menyebut paslon Beramal memperoleh 12.175 suara atau 51,6 persen dari total 26.784 DPT. Perolehan suara sementara itu didapatkan dari 101 TPS di 96 desa dan kelurahan di tujuh kecamatan. Paslon Beramal mengklaim unggul di enam kecamatan dari tiga rivalnya, Musdar-Ilham Jaya Maal (Mulya)
, Oheo Sinapoy-Muttaqin Siddiq dan Abdul Halim-Untung Taslim (Fajar Baru). Hanya di Kecamatan Wawonii Selatan duet Beramal “keok” yang merupakan basis paslon Abdul Halim-Untung Taslim.

Calon Bupati Konkep Musdar legawa dan memberi ucapan selamat atas kemenangan rivalnya, Beramal. Mantan Ketua DPRD Konkep itu mengatakan, peristiwa hari ini adalah paling sejarah buat tim dan simpatisan pasangan “Mulya” dan bersejarah bagi perjalanan politik serta perjalanan pemerintahan di Konkep. “Secara faktual, dalam pertarungan politik kali ini kita kalah. Tapi sesungguhnya dalam diri kita semua tersimpan kemenangan dengan menenangkan diri masing-masing untuk tetap teguh berjuang dibarisan Mulya dengan cita-cita Wawonii lebih baik,” kata Musdar, saat konferensi pers, (9/12).

Ketua DPD PAN Konkep itu menuturkan, tidak semua keinginan yang diinginkan selaras dengan kehendak Tuhan Yang Maha Esa. Olehnya itu, dirinya mengajak seluruh simpatisan untuk tetap pada barisan yang mampu memberikan kedamaian dan ketenangan di Bumi Wawonii. “Selamat kepada saudaraku yang telah mendapatkan restu mayoritas rakyat Konkep untuk melanjutkan pemerintahan. Dan semoga pemerintahan ini bisa lebih baik dari sebelumnya,”pungkas Musdar.

Di tempat berbeda, calon Bupati Konawe Selatan (Konsel) Muhammad Endang mengklaim memenangkan Pilkada, 9 Desember kemarin. Muhammad Endang menyebut dirinya unggul 42 persen. Sedangkan paslon incumben Surunuddin-Rasyid hanya meraup suara sebesar 39 persen. Untuk paslon Rusmin Abdul Gani – Senawan Silodae hanya meraih 19 persen.

“Kami mengumpulkan formulir C1 di hampir di 632 TPS di Konsel. Maka pasangan Endang memenangkan Pilkada di dapil 1 dan dapil 2. Sedangkan dapil 3 dan 4 belum keseluruhan (perhitungan),” kata Endang didampingi tandemnya, Wahyu Ade Pratama Imran dikediamannya di Kota Kendari, Rabu (9/12).

Di Pilkada Buton Utara, paslon Ridwan Zakariah-Ahali (RIDA) mengklaim unggul dari sang petahan Abu Hasan-Suhuzu. Ketua Tim Pemenangan Paslon RIDA, Rukman Basri menyampaikan, hasil hitung cepat internal, pihaknya mengklaim memperoleh suara terbanyak. Dengan presentase 38,50 persen.

Sementara paslon petahana Abu Hasan-Suhuzu sebanyak 32,40 persen. Paslon lainnya, Aswadi-Asrul Muhammad berada pada kisaran 29,10 persen. Suara yang masuk 88,89 persen. “Dengan perolehan suara 38,50 persen, kami yakin paslon RIDA adalah pemenangnya. Saat ini suara yang belum masuk tersisa 7 TPS,” tandas Rukman Basri. (min/kus/lyn/mel/san/ali/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy