Merawat Tenaga Kerja, BLK Kendari Gelar Rakor FKLPI – Kendari Pos
Nasional

Merawat Tenaga Kerja, BLK Kendari Gelar Rakor FKLPI


KENDARIPOS.CO.ID — Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari punya tanggung jawab besar dalam sektor tenaga kerja. tak hanya melahirkan dan menciptakan tenaga kerja terampil, BLK Kendari juga merawat para tenaga kerja di tengah terpaan “kompetitor” bernama era digitalisasi. Kemajuan teknologi menggerus peran tenaga manusia dalam bekerja.

Kepala BLK Kendari, Dr.La Ode Haji Polondu, Staf Khusus Kemenaker RI Caswiyono Rusdy Cakrawangsa, Kadis Trans Naker Sultra La Ode Muhammad Ali Haswandy, dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Kendari, Benyamin Salempang

Staf khusus Kementerian Ketenagakerjaan RI, Caswiyono Rusdy Cakrawangsa mengatakan ada beberapa hal yang mengancam tenaga kerja. Yakni adanya bonus demografi (penambahan penduduk pada kelompok usia kerja), ancaman revolusi industri dan pandemi Covid-19. Pandemi memicu pengangguran di negeri ini karena banyaknya jabatan dan pekerjaan yang hilang.

“Banyak pekerjaan yang terancam hilang, karena saat ini banyak perusahaan yang menggunakan tenaga robot. Di era digitalisasi manusia membutuhkan sesuatu hanya bisa dilakukan dengan jari.Namun dibalik semua itu akan muncul banyak pekerjaan yang baru,” ujar Caswiyono Rusdy Cakrawangsa saat membuka rakor Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan dengan Industri (FKLPI) tahun 2020 yang digelar BLK Kendari, Senin (14/12) malam.

Untuk itu, pengembangan sumber daya manusia (SDM) membutuhkan kontribusi Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Hal itu untuk mengetahui kebutuhan pasar akan tenaga kerja di lapangan.

Menurut Caswiyono Rusdy, pemerintah, lembaga pelatihan dan DUDI harus duduk bersama untuk menyiapkan tenaga kerja yang dibutuhkan. “Pemerintah memiliki beberapa cara untuk mengatasinya yaitu pusat pelayanan pasar kerja, Kartu Indonesia Kerja dan kontribusi kolaborasi antara DUDI dan pemerintah dalam melatih SDM,” papar Caswiyono dalam

rakor FKLPI yang diikuti sekira 50 pemilik usaha.

Sementara itu, Kepala BLK Kendari, Dr.La Ode Haji Polondu mengatakan FKLPI ini dihadirkan untuk menciptakan link dan match antara pemerintah dan DUDI. Sehingga output dari rakor itu dapat memberikan kontribusi dalam pembuatan kurikulum pelatihan.

Secara nasional BLK Kendari memperoleh peringkat ke-5 sebagai BLK terbaik dari 21 BLK di Indonesia. “Berdasarkan data yang ada, angka penyerapan tenaga kerja alumni BLK Kendari tinggi,” ujarnya. (lis)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy