Menopang Ekonomi Negeri, Andi Asriani Koke Mengabdi Tanpa Batas – Kendari Pos
Metro Kendari

Menopang Ekonomi Negeri, Andi Asriani Koke Mengabdi Tanpa Batas

KENDARIPOS.CO.ID — Peran Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) sangat strategis sebagai salah satu penggerak roda ekonomi bangsa. Produk UMKM yang menembus pasar ekspor diyakini dapat meningkatkan devisa
negara. UMKM juga dinilai mendorong sektor perekonomian lebih merata karena memungkinkan masyarakat mengakses berbagai produk dan jasa.

Kepala BPP Kendari Andi Asriani Koke (dua dari kanan) bersama Gubernur Sulawesi
Barat, H. Andi Ali Baal Masdar (kiri) di kantor Gubernur Sulawesi Barat

Melahirkan SDM unggul melalui peningkatan produktivitas bukan perkara mudah. Apalagi sampai melintasi negeri di kawasan timur Indonesia. Di tengah mobilitas tinggi, dibutukan sosok stamina dan berdedikasi tinggi pula. Namun semua itu mampu dilakoni seorang Andi Asriani Koke. Mengabdi tanpa batas adalah prinsip utama yang dipegang teguh.

Ikut berkontribusi dalam menopang dan menggerakan roda ekonomi bangsa menjadi pelecut semangat Andi Asriani Koke. Ibu dari .Muhammad Aryadi, A.Muhammad Andika dan A.Diana Putriani itu piawai memberikan penguatan dan peningkatkan produktivitas guna mengembangkan
usaha dan kehidupan yang lebih baik.

Kepiawaian Asriani itu diraihnya setelah ditempa berbagai pengalaman, pelatihan bahkan workshop tentang produktivitas ke beberapa negara. Sebut saja di Filipina tahun 2001, tingkat advance di Malaysia pada tahun 2003. Lalu tahun 2005 mengikuti pelatihan tingkat konsultan di Jepang. Kota Osaka pernah dijejak Andi Asriani Koke untuk memperdalam pengetahuan tentang produktivitas bersama beberapa peserta di sejumlah negara.

Pengalaman tersebut membuat Asriani dipercaya mengabdi di Balai Besar Peningkatan Produktivitas (BBPP) di Bekasi. Wilayah kerja BBPP Bekasi khusus di Indonesia bagian barat meliputi Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, NTB dan Bali. Usai bertuga di BBPP Bekasi. Asriani ditunjuk Kementerian Ketenagakerjaan RI untuk menakhodai BPP Kendari, melatih UKM dan masyarakat lainnya. Targetnya melahirkan masyarakat produktif dan turut membangun perekonomian di negeri ini.

Asriani meyakini apabila masyarakat produktif maka pengangguran di negeri ini akan teratasi. Terlebih bila unit usaha-usaha baru tumbuh dan berkembang akan memacu pertumbuhan perekonomian bangsa. Tak hanya sebatas melatih pelaku usaha, BPP Kendari juga turut melakukan penguatan UKM. “Kalau BPP itu tugas pokoknya melatih masyarakat produktif bisa berdaya saing. Namun untuk memberikan sentuhan agar usahanya berjalan, kita butuh sentuhan pemerintah daerah dan lembaga perbankan guna membantu permodalan. Selama ini BPP Kendari sudah melakukannya melalui MoU,” ungkap alumni pPascasarjana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jakarta tahun 2001 itu.
(lis/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy