Menanti Petunjuk Kemendagri – Kendari Pos
Buton Tengah

Menanti Petunjuk Kemendagri

PARIPURNA: Suasana rapat paripurna pemberhentian wakil Bupati Buteng mendiang La Ntau di Aula DPRD Buteng. Rapat itu dipimpin oleh Ketua DPRD Buteng, Bobi Ertanto dan dihadiri Asisten III Buteng, Asraruddin.

KENDARIPOS.CO.ID — Sudah lima bulan kursi Wakil Bupati Buton Tengah (Buteng) kosong. Belum ada pengganti mendiang Kap. Inf (Purn) La Ntau. Padahal pemberhentian wakil bupati telah dilakukan melalui rapat paripurna DPRD setempat, November lalu.

Ketua DPRD Buteng, Bobi Ertanto mengungkapkan November lalu, lembaganya bersama Pemkab Buteng menggelar rapat paripurna dengan agenda pengusulan, penetapan dan pemberhantian mendiang La Ntau. “DPRD Buteng memutuskan, menetapkan dan memberhentikan mendiang La Ntau sebagai wakil Bupati Buteng yang terpilih pada Pilkada tahun 2017,” bebernya.

Ia mengaku lembaganya telah melayangkan pemberitahuan hasil rapat paripurna. Sehingga pergantian wakil bupati masih menunggu petunjuk dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Wakil Ketua DPRD Buteng Suharman menyatakan hasil rapat paripurna telah dikordinasikan dengan Pemkab Buteng untuk diteruskan ke Pemrov Sultra. Sehingga dapat diteruskan ke Kemendagri. Namun hingga saat ini pihaknya belum dapat surat balasan atau petunjuk dari Kemendagri. “Jadi, saat ini kita menunggu dulu,” ujarnya di ruang kerjanya, Selasa (29/12).

Ketua DPD Nasdem Buteng mengaku belum bisa memastikan kapan pergantian wakil bupati akan dilakukan. Namun, DPRD tetap berinisiatif untuk melakukan pengisian kursi wakil bupati. Walaupun secara hitungan sudah tidak dimungkinkan untuk dilakukan pemilihan wakil bupati. Karena aturan Kemendagri menyebut, kekosongan kursi wakil bupati dapat diisi apabila masa akhir jabatan kurang lebih 18 bulan.

“Kalau kita hitung sisa jabatan bupati Buteng, tersisa 17 bulan. Otomatis, sudah tidak memungkinkan untuk kita lakukan pemilihan wakil bupati. Namun, kita tetap menunggu putusan dari Kemendagri terkait mekanisme pergantian antar waktu. Paling tidak, saat ini kita belum bisa putuskan bagaimana nantinya, apakah ada PAW atau tidak,” Jelasnya.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Pemkab Buteng Ismail Rewa. Usai paripurna, dirinya langsung membawa hasil rapat itu ke Pemprov sehingga dapat diteruskan di Kemendagri RI.

“Adapun kelanjutan hasil putusan yang kami kirim ke Provinsi, hingga kini belum menerima hasilnya. Kami masih menunggu kordinasi dari pihak provinsi maupun Kemendagri,” ucapnya. (rud/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy