KPU Sultra Tunggu Surat PAW Endang – Kendari Pos
Politik

KPU Sultra Tunggu Surat PAW Endang

KENDARIPOS.CO.ID — Proses pergantian antar waktu (PAW) Muhammad Endang masih mengendap. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra masih menanti surat pengajuan PAW mantan wakil ketua DPRD Sultra itu. Ketua KPU Sultra Abdul Natsir Muthalib mengatakan, belum menerima surat dari Sekretariat DPRD Sultra tentang PAW Muhammad Endang. Jika surat sudah masuk, akan segera diproses. Kandidat yang menjadi pengganti Endang harus memenuhi kriteria, yakni berada pada partai sama; Demokrat. Dapil Konsel-Bombana dan meraih perolehan suara kedua terbanyak.

“Unsur tersebut merupakan syarat mutlak dan wajib dalam melakukan penjaringan kandidat PAW. Semua harus terpenuhi dan jika ada salah satu tidak terakomodir, maka bisa dipastikan tidak memenuhi syarat,” kata Abdul Natsir Muthalib kepada Kendari Pos, Senin (21/12).

Abdul Natsir

Dalam regulasi calon PAW anggota DPRD Sultra, kata dia, adalah nama calon PAW yang diambil dari daftar calon tetap DPRD Sultra pada pemilu terakhir, dan berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan KPU masih memenuhi persyaratan calon. “Jadi kita akan cek dan akan dilakukan verifikasi terhadap nama-nama yang satu dapil dengan Endang untuk menentukan yang layak menjadi pengganti,” terangnya Ojo sapaan akrab Abdul Natsir Muthalib.

Abdul Natsir Muthalib menjelaskan PAW Anggota DPRD Provinsi dilakukan apabila terdapat legislator yang berhenti antarwaktu. Masa jabatan aggota DPRD PAW hanya melanjutkan sisa masa jabatan legislator yang digantikan. Penyampaian pemberhentian PAW anggota DPRD, melalui pimpinan DPRD kepada KPU Sultra. Dilampirkan, surat pengajuan pengunduran diri sebagai anggota DPRD, yang diteken di kertas bermaterai. (ali/b).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy