Konsisten Membangun, AS Tamrin Persembahkan Prestasi untuk Rakyat

KENDARIPOS.CO.ID — Kota Baubau dalam komando Wali Kota AS Tamrin selalu bertabur penghargaan. Beragam predikat bergengsi mampir di kota berjuluk Negeri Sultan Murhum Kaimuddin Khalifatul Khamis. Wali Kota Baubau AS Tamrin menunaikan amanah rakyatnya dengan deretan penghargaan yang diterimanya. Selama kepemimpinan AS Tamrin, Kota Baubau banyak mengalami kemajuan sejak periode pertama hingga periode kedua sebagai wali kota. Semua itu sebagai persembahan AS Tamrin untuk daerah dan masyarakat Kota Baubau.

Wali Kota Baubau, AS Tamrin (kanan) menerima penghargaan dari Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani atas raihan opini WTP kelima dari BPK RI. Penghargaan diserahkan Kepala KPPN Kota Baubau, Nazwar (kiri).

Komitmen membangun dan memajukan Kota Baubau memang tidak diragukan dari sosok AS Tamrin. Gagasan cerdas dalam menyikapi kondisi pertumbuhan dan perkembangan kota terus dilakukan. Ada pembangunan gedung serbaguna PO-5 dan terminal terintegrasi. Semua diharapkan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah.

Ada pula pembukaan jalan lingkar. Yaitu sebuah akses jalan baru yang dibuka untuk mengurai kepadatan lalu lintas serta pertumbuhan pembangunan dalam wilayah Kota. Pengerjaan mega proyek jalan itu sementara dikerjakan dan ditargetkan rampung pada 2021. Pemkot Baubau bersama DPRD setempat telah bersepakat mengajukan pinjaman kepada pihak Bank Sultra (BPD) sebesar Rp 200 miliar.

“Kelanjutan dari program yang sudah kita laksanakan dari tahun-tahun sebelumnya. Seperti jalan by pass. Kemudian jalan lingkar. Tahun lalu belum rampung, lalu kita lanjutkan. Semoga tahun depan menjadi prioritas untuk kita tuntaskan,” kata AS Tamrin kepada Kendari Pos di rumah jabatan Wali Kota Baubau, kemarin.

Deretan penghargaan yang didapatkan Kota Baubau hingga saat ini menunjukan sosok AS Tamrin sebagai pemimpin konsisten dan visioner. Tangan dinginnya memimpin dan membangun daerah mampu mengantarkan Kota Baubau terus meraih berprestasi. Bahkan dalam situasi pandemi saat ini. Kota Baubau tetap eksis dengan berbagai penghargaan yang didapatkan. Tercatat, selama 2020 Kota Baubau mampu meraih berbagai penghargaan ternama. Sebut saja penghargaan dari Menteri Keuangan RI atas raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam tata kelola keuangan dan aset daerah, penghargaan Kota Peduli HAM, penghargaan dari BPS RI, dan penghargaan Anugerah Kebudayaan dari PWI Pusat.

“Semua capaian penghargaan ini merupakan keberhasilan bersama masyarakat Baubau. Masyarakat telah berkontribusi dalam mendukung segala kebijakan pembangunan. Makanya, segala penghargaan yang telah kita dapatkan ini, saya dedikasikan untuk seluruh masyarakat Kota Baubau sebagai penyemangat agar terus berbuat yang terbaik memajukan daerah,” kata AS Tamrin kepada Kendari Pos, kemarin.

Penghargaan WTP yang diraih Pemkot Baubau tahun 2020 mencatatkan nama Baubau sebagai daerah peraih WTP lima kali berturut-turut. Kemudian penghargaan Kota Peduli HAM dari Kemenkum HAM kembali didapatkan pada 2020 setelah sebelumnya (2019) absen. Lalu penghargaan dari BPS RI didapatkan karena Baubau berhasil mencatat capaian partisipasi masyarakat tertinggi yang melebih target dalam penyelengaraan sensus penduduk online. Sementara penghargaan Anugerah Kebudayaan dari PWI Pusat karena AS Tamrin dinilai telah bekerja keras dan komitmen dalam menjaga kelestarian budaya.

Kepiawaian dan semangat membangun Ketua DPD PAN Baubau itu tidak hanya tercermin melalui torehan puluhan penghargaan yang diraih secara kelembagaan. Namun, secara personal, AS Tamrin juga mendapat pengakuan sebagai sosok yang cerdas dan menginspirasi. Tak heran jika penghargaan yang diraih secara individu dari berbagai lembaga menghampiri AS Tamrin. Sebut saja penghargaan dari Harian Kendari Pos, penghargaan sebagai Kepala Daerah Inspiratif dalam Pembangunan Bidang Ekonomi Daerah dalam Program Indonesia Awards 2019 dari salah satu stasiun TV swasta.

Lalu penghargaan berupa penobatan “The Most Inspiring and Innovative Figur Awards 2019” atau Penghargaan Figur Paling Mengispirasi dan Inovatif Kategori Kepala Daerah se Indonesia dari sebuah lembaga independen berkelas internasional, Sevent Media Asia 2019. AS Tamrin meraih penghargaan Bintang Astha Hannas Madya dari Yayasan Revolusi Mental, Kampus Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia karena dinilai peduli pada pembinaan mental dan moral masyarakat.
(ahi/b)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *