Keunggulan Paslon versi Sirekap : Rusman 19 Kecamatan, Rajiun Tiga Kecamatan – Kendari Pos
Politik

Keunggulan Paslon versi Sirekap : Rusman 19 Kecamatan, Rajiun Tiga Kecamatan

KENDARIPOS.CO.ID — Perhitungan suara Pilkada Muna 2020 berdasarkan unggahan data dari kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) pada aplikasi sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) telah selesai dilakukan. Pasangan nomor urut satu LM. Rusman Emba unggul dengan selisih 8.345 suara dari pesaingnya pasangan nomor urut dua LM. Rajiun – La Pili. Keunggulan Rusman hampir di seluruh kecamatan yang ada.

Rusman Emba

Rusman – Bachrun mengumpulkan suara sebanyak 64.244 atau 53,4 persen. Sedangkan Rajiun – La Pili mendulang 55.975 suara atau 46,6 persen. Rusman – Bachrun menguasai 19 wilayah dari 22 kecamatan yang ada. Sedangkan wilayah kemenangan Rajiun berada di kecamatan Towea, Marobo dan Parigi. Progres data tersebut sudah mencapai 100 persen dari 409 tempat pemungutan suara. Data Sirekap itu diperbaharui tanggal 14 Desember 2020.

Kordiv Sosialisasi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Muna, Nggasri Faedah menerangkan, data Sirekap diunggah masing-masing KPPS. Hanya saja, hasil Sirekap tersebut tidak bisa menjadi rujukan perolehan hasil Pilkada 2020. Pasalnya, Sirekap hanya bersumber dari data pada formulir C1 yang diunggah KPPS yang bisa saja terjadi kekeliruaan.

“Misalnya karena faktor kelelahan, mereka salah mengunggah. Itu bisa saja terjadi. Sehingga memang aplikasi itu merupakan hasil sementara. Untuk lebih pastinya adalah hasil pleno PPK dan KPU ditingkat Kabupaten,” jelasnya, kemarin.

Ia melanjutkan, proses pelakaanaan pleno ditingkat panitia pemilihan kecamatan saat ini sudah selesai. Setelah itu KPU menjadwalkan pleno kabupaten mulai 15 – 17 Desember. Hasil pleno kabupaten tersebut akan menjadi perolehan resmi Pilkada 2020. “Hasil pleno itulah yang menjadi rujukan perolehan suara masing-masing paslon,” pungkasnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy