Kesbangpol Sultra Pastikan Logistik Pilkada Aman

KENDARIPOS.CO.ID — Suksesnya Pilkada serentak di Sultra bukan hanya tugas KPU semata. Badan Kesbangpol Sultra pun punya tanggung jawab itu sebagai tim desk Pilkada Sultra. Kepala Badan Kesbangpol Sultra, Parinringi dan anak buahnya turun ke daerah-daerah untuk memastikan tahapan Pilkada berjalan aman. Memastikan kesiapan logistik pilkada jelang menjemput suara rakyat pada Rabu 9 Desember 2020.

Parinringi dan anak buahnya berbagi tugas monitoring. Mereka menyebar di tujuh daerah Pilkada.
Secara umum, logistik sudah sangat siap, baik surat suara, bilik, kotak, tinta, alat coblos dan formulir-formulir. Kesiapan surat suara sesuai DPT, surat suara cadangan dan surat suara jika terjadi pemungutan suara ulang (PSU). Selain itu, mereka juga memastikan kesiapan penerapan protokol kesehatan (Prokes) pencegahan penyebaran Covid-19 saat pemungutan suara.

Kepala Badan Kesbangpol Sultra, Parinringi mengatakan, tiga poin penting pemantauan di tujuh daerah pilkada. Pertama, distribusi logistik pilkada oleh KPU terlaksana dengan baik. Adapun terdapat kekurangan akibat kerusakan surat suara, langsung ditangani cepat. Kedua, mengenai kondusivitas dan keamanan masih dalam situasi terkendali. Meski beberapa daerah, dipenuhi riak sentimen sosial dengan tensi tinggi, namun masih dapat terkontrol dengan tertib oleh pihak kepolisian dan stakeholder lainnya.

Parinringi

“Ketiga, penerapan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 juga ditunaikan secara patuh, baik paslon, maupun masyarakat yang menghadiri kampanye. Ini bentuk kesadaran masyarakat bahwa penerapan prokes sangat penting. Sebagai upaya awal mereduksi penyebaran pandemik Covid-19. Sehingga kontestasi pilkada tidak menjadi klaster baru penyebaran covid-19,” ujar mantan Wakil Bupati Konawe itu kepada Kendari Pos, kemarin.

Saat berkunjung di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Parinringi memastikan ketersediaan logistik Pilkada sebelum hari pencoblosan dan proses distribusi dijadwalkan lebih awal. Dari hasil pantauannya, logistik Pilkada Koltim tergolong aman.
“Setelah kita cek, kesiapan KPU Koltim dan enam daerah penyelenggara Pilkada sudah siap melaksanakan pemungutan suara. Saya minta KPU agar betul-betul menerapkan prokes Covid-19,” kata Parinringi.

Sekretaris Kesbangpol Sultra, Hanok Z.Mariang kebagian memantau kesiapan dan distribusi logistik Pilkada Konsel. “Kita ingin pastikan sejauh mana kesiapan logistik Pilkada. Kami berharap semua ini (logistik) didistribusi sesuai jadwal yang ditentukan KPU. Kami juga mengingatkan semua elemen mematuhi prokes Covid-19,” ujarnya.

Kesiapan logistik Pilkada Wakatobi dipantau Hamdani Piabang, Kepala Bidang Ketahanan Seni Budaya, Agama, Kemasyarakatan, dan Ekonomi Kesbangpol Sultra. Tim desk pilkada Provinsi Sultra memastikan logistik Pilkada Wakatobi sudah lengkap. logistik pemilihan pemilihan

Hamdani Piabang mengatakan, hasil pemantauan dan monitoring persiapan logistik pemilihan Bupati dan wakil Bupati Wakatobi sudah lengkap seperti bilik suara, sampul suara sah dan tidak sah, sampul suara rusak atau keliru mencoblos, telah lengkap semua. “Tinta sekira 548, sampul suara A3, A4, A.tb,C daftar hadir, C juga telah lengkap dengan baik. Disusul formulir model C plano serta buku panduan KPPS dan PPK sudah lengkap,”kata Hamdani Piabang.

Di Konawe Kepulauan (Konkep) tim desk Pilkada Provinsi Sultra menemukan sejumlah 1,466 surat suara mengalami kerusakan. Dari total surat suara yang dibutuhkan sebanyak 27,053. Sedangkan surat suara yang berstatus baik sekira 26,037.

Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional Badan Kesbangpol Sultra, Andi Muh. Toaso mengatakan, surat suara rusak telah ditangani KPU Konkep. Surat suara rusak sudah dicetak dan sedang dalam perjalanan menuju KPU Konkep. “Sedangkan untuk kotak suara yang tersedia 109. Bilik suara 303, tinta 202 botol, paku 303, dan karet 8,080. Untuk pengawas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sejumlah 101, ditambah pengawas desa 101,” kata Andi Muh. Toaso.

Kesiapan menjemput suara rakyat pada 9 Desember nanti juga dimatangkan KPU Konawe Utara (Konut). Tim Desk Pilkada Provinsi Sultra, Muslihi sudah mengecek kesiapan logistik, mulai kotak suara, surat suara, tinta maupun alat pelindung diri (APD) berupa masker, sarung tangan, tandon air pencuci tangan dan lain sebagainya. Logistik telah siap didistribusi ke penyelenggara tingkat bawah.
“Kesiapan logistik sudah banyak tersedia. Selanjutnya, akan didistribusi ke penyelengara di tingkat bawah,” ujar Muslihi.

Kepala Bidang Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Badan Kesbangpol Sultra itu menambahkan dari hasil koordinasi, terdapat pemilih yang belum melakukan perekaman KTP-el. Muslihi mengajak warga Konut yang belum melakukan perekaman KTP-el agar secepatnya mengurus KTP. “Saya lihat koordinasi antara KPUD dan Disdukcapil cukup baik. Mereka aktif menyosialisasikan hingga di tingkat bawah,” kata Muslihi. (ali/kus/ndi/min/b)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *