Kementan Anggarkan Rp 1,2 Miliar Bangun Jalan Usaha Tani di Butur – Kendari Pos
Buton Utara

Kementan Anggarkan Rp 1,2 Miliar Bangun Jalan Usaha Tani di Butur

KENDARIPOS.CO.ID — Hasil perkebunan di Kabupaten Buton Utara (Butur) cukup melimpah. Pembangunan akses jalan usaha tani (JUT) terus dioptimalkan untuk memudahkan petani memobilisasi hasil produksinya untuk dipasarkan di daerah berjuluk Lipu Tinadeakono Sara tersebut. Tahun depan, pihak Dinas Pertanian Buton Utara (Butur) mendapatkan gelontoran anggaran sebesar Rp 1,2 miliar dari dana alokasi khusus (DAK) untuk menambah ruas JUT di Desa Eelhaji dan Tomoahi, Kecamatan Kulisusu.

“Tahun 2021 Kementerian Pertanian memberikan anggaran sebesar Rp 1,2 miliar untuk membangun jalan usaha tani,” ujar Kepala Dinas Pertanian Butur, Sahrun Akri, Minggu (27/12). Ia menjelaskan, jalan usaha tani akan dikerja melalui sistem padat karya dengan melibatkan masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani terdata pada sistem informasi penyuluh pertanian (Simluhtan). “Dua ruas jalan usaha tani dibangun di Desa Eelhaji biayanya sebesar Rp 900 juta dan di Tomoahi Rp 300 juta,” rinci Sahrun Akri.

Mantan Kadis Ketahanan Pangan Butur itu menjelaskan, pengerjaan JUT untuk membangun atau merehabilitasi jalan sesuai standar biaya berdasarkan peraturan yang meliputi kawasan budi daya tanaman pangan, perkebunan dan hortikultura. “Setelah jalan pertanian ini terbangun, maka akan memudahkan para petani dalam mengangkut hasil budi daya untuk dipasarkan di desa atau di kota,” jelasnya.

Lahan yang ditetapkan sebagai calon lokasi harus memenuhi persyaratan tidak dialihfungsikan dengan membuat surat pernyataan, status lahan jelas serta tersedia petani penerima manfaat sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. “Setiap petani atau kelompok tani harus bersedia untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan jalan pertanian secara swadaya. Bangunan JUT juga harus memiliki standar spesifikasi, antara lain dimensi lebar badan jalan minimal 2 meter atau dapat dilalui kendaraan roda 3,” tandasnya. (c/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy