Kapolres Buton Imbau Warga Patuhi Prokes

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk mencegah timbulnya klaster baru pada perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Kapolres Buton AKBP Gunarko mengimbau masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes). Apalagi Gubernur Sultra telah menerbitkan Surat Edaran (SE) nomor 29 Tahun 2020. SE ini berisi tentang pedoman penerapan disiplin dan penegakan hukum prokes pencegahan dan pengendalian virus corona.

AKBP GUNARKO. KAPOLRES BUTON

Kapolres Buton, AKBP Gunarko meminta masyarakat untuk tetap mengedepankan prokes. “Ini semata untuk menjaga dan memelihara situasi Kamtibmas serta pendisiplinan terhadap prokes Covid-19 dalam rangka pelaksanaan ibadah maupun perayaan Natal serta menyambut dan merayakan pergantian tahun baru,” kata Kapolres Buton, AKBP Gunarko, kemarin.

Dalam surat edaran tersebut sambungnya, masyarakat diminta meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan terhadap prokes terutama dengan tidak berkerumun maupun membuat kerumunan. Lalu, dalam pelaksanaan ibadah Natal dan ibadah tahun baru tetap mengikuti prokes.

“Penyelenggara diharapkan tetap memperhatikan kapasitas ruangan sesuai imbauan Satgas Covid-19 nasional yaitu 50 persen dari kapasitas maksimal. “Kemudian disarankan untuk dapat melakukan pengaturan jadwal maupun lokasi serta tetap menyediakan sarana ibadah virtual,” tekannya.

Masyarakat Buton dan Buton Selatan (Busel) harapnya, dapat menyambut dan merayakan pergantian tahun baru dengan penuh kedamaian. Masyarakat tidak boleh melakukan kegiatan menyimpang, bahkan tindak pidana. “Selain itu, tidak membuat kegiatan atau event dalam bentuk apapun. Termasuk pesta kembang api yang berujung pada terjadinya gangguan keamanan dan pelanggaran prokes,” tandasnya.

Tidak hanya itu, ia juga meminta para pelaku usaha rumah makan dan cafe mematuhi jam operasional serta ketentuan prokes sebagaimana yang telah ditentukan pemerintah. “Jika ditemukaan perbuatan yang melanggar penanganan, pencegahan dan protokol kesehatan Covid-19 akan dilakukan penegakan hukum sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” tegasnya. (b/ndi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *