KADIN Sultra Resmi Buka Pendaftaran Calon Ketua

KENDARIPOS.CO.ID — Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Tenggara (Sultra) membuka pendaftaran calon ketua umum periode 2021- 2026. Berdasarkan data dari panitia pendaftaran resmi dibuka, Jumat (11/12/2020) sampai 4 Januari 2021 pukul 16.00 Wita.

Setiap peserta yang mendaftar nantinya ditetapkan sebagai calon akan dipilih dalam Musyawarah Provinsi (Musprov) yang akan dihelat mulai 11 hingga 13 Januari 2021.

“Jadi saya ingin tegaskan kalau pengumuman Musprov ke 7 ini dilakukan atas dasar anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) dalam bab 7 pasal 22 tentang musyawarah. Bahwa pengumuman dilakukan satu bulan sebelum pelaksanaan musprov,” kata Ketua Steering Comitee Kadin, Muhammad Saleh.

Adapun syarat yang wajib dipenuhi bagi setiap peserta yaitu,calon Ketua Kadin harus memiliki kartu tanda anggota (KTA) minimal selama tiga tahun berturut-turut, tidak pernah putus. Selanjutnya, para calon kandidat pernah menjadi pengurus di kabupaten/provinsi atau pusat, mendapat dukungan dari kabupaten, dari asosiasi, atau dari anggota biasa.

“Dalam Musprov 64 suara akan diperebutkan terdiri dari 55 suara dari 11 kabupaten kepesertaan penuh, enam suara dari enam kabupaten berstatus karateker dan tiga suara dari tiga asosiasi pengusaha,” jelasnya.

Kata dia, proses pemilihan berlangsung transparan untuk memberikan peluang kepada seluruh pengusaha di Sultra maju bertarung di pemilihan Ketum Kadin Sultra periode 2021-2026.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, agenda Musprov rencana akan dihadiri Ketum Kadin Indonesia, Wakil Ketua Bidang Organisasi, Wakil Ketua Bidang Konstruksi dan Wakil Ketua Bidang UKM Kadin Indonesia.

Soal kepesertaan, kata Muhammad Saleh, berdasarkan data dari sekretariat, dari 17 kabupaten di Sultra, hanya 11 kabupaten yang masuk kategori peserta penuh (lima suara), sedangkan 6 kabupaten lainnya masih berstatus karateker, sehingga hanya memiliki satu suara saja.

Untuk tiga suara asosiasi yang dimaksud adalah Aspanji, Gapensi dan Impera. Sedangkan enam kabupaten yang berstatus peserta penuh adalah Kendari, Kolut, Konawe, Konsel, Konut, Mubar, Muna, Kolaka, Bombana, Koltim dan Konkep. Untuk diketahui, tema dari agenda lima tahunan itu adalah Sultra Jaya Indonesia Maju. Tema itu diusung dengan alasan melihat Sultra sebagai daerah yang sangat strategis. (ali/KP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *