Hijaukan Area Bendungan Ladongi, BWS Sultra Tanam 1.000 Pohon Produktif – Kendari Pos
Nasional

Hijaukan Area Bendungan Ladongi, BWS Sultra Tanam 1.000 Pohon Produktif

KENDARIPOS.CO.ID — Dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) mengadakan tanam pohon serentak di seluruh Indonesia. Balai Wilayah Sungai Sulawesi IV Kendari turut andil mengambil peran. Lokasinya berada di area Bendungan Ladongi, Kolaka Timur (Koltim). Bendungan Ladongi merupakan bendungan pertama yang dibangun di Sultra. Jumlah pohon yang ditanam sekitar 1.000 pohon. Diantaranya tanaman mangga, durian.

Acara penanaman pohon ini turut dirangkaikan penandatanganan perjanjian kerjasama antara BWS Sulawesi IV Kendari dengan kelompok masyarakat binaan Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GNKPA) dan Ikatan Pensiunan Pekerjaan Umum (IPPU), Sabtu (5/12).\

Program ini merupakan bagian dari upaya bersama dalam memadukan program dan mensinergikan aksi dalam penyelamatan air. Yang mana, tujuannya mengembalikan keseimbangan siklus hidrologi pada Daerah Aliran Sungai (DAS).

Dengan begitu, keandalan sumber-sumber air baik kuantitas maupun kualitas airnya dapat terkendali, melalui pemberdayaan pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat serta penegakan hukum.
Kepala Seksi OP BWS Sulawesi IV Kendari,Annur Ramadhani Asana menyampaikan, giat penanaman pohon serentak seluruh Indonesia. Penanaman pohon dipusatkan pada area infrastruktur bendungan se Indonesia.

Terkhusus di Balai Wilayah Sungai IV Kendari mengambil peran tanam pohon sebanyak 1.000 pohon di area Bendungan Ladongi Kecamatan Ladongi. “Penanam pohon sebanyak 1.000 pohon mangga, durian sekitar area Bendungan Ladongi dirangkaikan dengan hari bakti ke 75 tahun KemenPUPR. Menanam pohon merupakan cara tepat menyelamatkan bumi dan air dari gersang dan tandus serta tetap air tersedia terus menerus secara berkelanjutan,” ungkap Annur Ramadhani Asana pada Kendari Pos, kemarin.

BWS Sulawesi IV Kendari kata dia, tahun ini sengaja menanam pohon produktif seperti mangga , durian. Harapannya, 5-10 tahun kedepan tanaman dapat berbuah dan dinikmati hasilnya. “Setelah penanaman ini, akan dikelola secara profesional dimana BWS Sulawesi IV Kendari telah bekerjasama dengan IPPU dan Kelompok Masyarakat Atula. Insya Allah, tanaman ini akan dirawat secara baik,” ungkapnya.

Sekretaris Kabupaten (Sekab) Koltim, Eko SB Sauala mengapresiasi langkah Balai Wilayah Sungai Sulawesi IV Kendari melakukan rehabilitasi di momen memperingati hari bakti PUPR ke 75 tahun. Sebab upaya ini bisa menjaga kelestarian lingkungan di wilayah bendungan. Untuk itulah, ia berharap kawasan bendungan bisa terus dijaga dan terpelihara. “Pemkab Koltim sangat mensupport PUPR melalui BWS Sulawesi IV Kendari telah mempercayakan Koltim menempatkan Bendungan Ladongi dan penanaman pohon serentak seluruh Indonesia.

Penyelamatan air merupakan langkah tepat dengan menanam pohon produktif. Apalagi pelestarian alam dengan pohon bisa dinikmati hasilnya seperti mangga dan durian. Saya harap tanaman ini bisa dipelihara sehingga bisa kita nikmati. Muda-mudahan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Koltim dan pengiat wisata,” kata jenderal ASN ini.

Sementara itu, Ketua Kelompok Masyarakat Atula, Carman menyampaikan, rasa syukur telah dilibatkan mengawal penanaman pohon hingga perawatannya. Dia mengatakan, kegiatan penanaman pohon merupakan penting untuk menyelamatkan bumi dan air. “Muda-mudahan kedepannya dapat berbuah supaya bisa dimanfaatkan. Tanaman pohon ini langkah bagus karena menambah tanaman penyimpan air dan buahnya bisa di makan,” tandasnya. (b/kus/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy