Hasil Rekap KPU : Amrullah, SBM dan Rida Unggul – Kendari Pos
Nasional

Hasil Rekap KPU : Amrullah, SBM dan Rida Unggul

KENDARIPOS.CO.ID — Kerja-kerja politik kontestan Pilkada dihitung KPU kabupaten. Ada KPU yang sudah tuntas dan sebagian lagi masih menghitung. Data di aplikasi Sirekap, semua suara sudah masuk 100 persen. Peraih suara terbanyak sudah diketahui, namun rekapitulasi penghitungan suara tetap dilakukan secara berjenjang hingga di KPU kabupaten.

KPU Kolaka Timur (Koltim) dan Konawe Kepulauan (Konkep) sudah menuntaskan rekapitulasi perhitungan suara. Tetesan keringat calon Bupati Konawe Kepulauan (Konkep) Amrullah dan calon Bupati Koltim Samsul Bahri Madjid (SBM)selama berbulan-bulan meraih simpati pemilih memastikan singgasana bupati di tangan mereka.

Hasil Rekap KPU: Amrullah, SBM dan Rida Unggul

Duet paslon Amrullah-Andi Muh.Lutfi unggul dari tiga dari rivalnya. Paslon berakronim Beramal itu mengoleksi 12.769 suara dari tujuh kecamatan. Sementara para penantang, Abdul Halim-Untung Taslim berada diposisi kedua, dengan perolehan 7.193 suara, disusul Musdar- Ilham Jaya Maal (Mulya) yang meraih 4.669 suara dan Muh. OHeo Sinapoy-Mutaqin Sidik hanya meraih dukungan 214 suara.

Ketua KPU Konkep, Iskandar mengatakan pihaknya baru menetapkan rekapitulasi hasil penghitungan suara dan belum menetapkan pemenang Pilkada. KPU Konkep masih menunggu dari KPU RI, jika tidak ada sengketa sampai batas waktu yang diberikan, maka akan dilakukan penetapan calon bupati dan wakil bupati terpilih. “Kalau tidak ada sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK), kami wajib menetapkan pasangan calon terpilih. Kami punya waktu lima hari menunggu surat dari KPU RI sesuai dengan PKPU 5 tahun 2020,” kata Iskandar usai rapat pleno di aula Sekretariat KPU Konkep, Selasa (15/12).

Sedangkan duet paslon Samsul Bahri Madjid (SBM)-Andi Merya Nur mengungguli petahana dengan raihan 38.409 suara. Sang petahana Pilkada Koltim, Tony Herbiansyah dan Baharuddin memperoleh 34.630 suara. Hasil itu dituangkan KPU Koltim dalam keputusan nomor : 384/PL.02.6-Kpt/7411/KPU-Kab/XII/2020 usai pleno rekapitulasi penghitungan suara, Selasa (15/12) kemarin.

Ketua KPU Koltim, Suprihaty Prawaty Nengtias menyampaikan, total suara yang masuk adalah 73.548. Rinciannya 73.039 suara sah, dan 509 tidak sah dengan partisipasi pemilih sekira 85,34 persen dari 83.984 DPT.

“MK Jika tidak ada gugatan di MK maka bisa dipercepat penetapan calon terpilihnya. Jika ada gugatan perselisihan hasil suara maka menunggu gugatan selesai,” ujarnya.

KPU Buton Utara (Butur) juga sudah menuntaskan rekapitulasi penetapan dan penghitungan suara. Pasangan calon nomor urut 1, Ridwan Zakariah-Ahali (RIDA) meraih 15.890 suara. Disusul paslon nomor urut 3, Abu Hasan-Suhuzu (AHS) yang meraih 13.657 suara dan paslon nomor urut 2, Aswadi Adam-Fahrul yang mendapat 12.064 suara.

Rapat pleno perhitungan hasil suara tingkat kabupaten masih berlangsung di KPU Kab. Muna. Hingga pukul 20.00 Wita Selasa malam, proses rekapitulasi baru selesai pada 13 dari 22 kecamatan yang ada di Muna. Koordinator Divisi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Muna Nggasri Faeda menerangkan, rapat pleno masih akan dilanjutkan hingga proses perhitungan di semua kecamatan selesai.

Adapun kecamatan yang telah menyelesaikan plenonya antara lain kecamatan Towea, Batukara, Pasikolaga, Marobo, Bone, Kabangka, Kontokowuna, Kontunaga, Duruka, Watopute, Pasir Putih, Warkorsel dan Tongkuno Selatan. “Sisanya sebanyak 9 kecamatan akan dilanjutkan setelah istirahat,” papar Nggasri Faeda kepada Kendari Pos, tadi malam.

Dilanjutkannya, secara umum proses rekapitulasi 13 kecamatan berlangsung lancar. Meski demikian, beberapa instrupsi sempat disampaikan oleh saksi pasangan calon khususnya berkaitan daftar pemilih tetap dan pemilih disabilitas. Hanya saja hal itu dapat diklarifikasi oleh masing-masing panitia pemilihan kecamatan. “Ada juga yang disoroti dari saksi paslon nomor urut dua. Misalnya pemilih disabilitas. Tapi bisa dijelaskan oleh PPK dan masalahnya menjadi clear,” urai Nggasri Faeda.

Ia mengatakan, rapat pleno tersebut kemungkinan akan berlangsung sampai dinihari. KPU berupaya menuntaskan pleno seluruh kecamatan agar proses perhitungan bisa segera selesai. Jika tak ada aral, pleno penetapan suara terbanyak akan dilakukan sesuai jadwal yakni 17 Desember.

“Pleno penetapan suara terbanyak dulu. Kalau pleno penetapan pasangan calon terpilih baru akan dilakukan jika tidak ada gugatan atau jika gugatan selesai diproses oleh lembaga berwenang dalam hal ini Mahkamah Konstitusi,” terang Nggasri Faeda.

Rapat pleno di KPU Muna dimulai sejak Selesa (15/12) pagi kemarin. Pleno tersebut dilangsungkan tertutup dan disiarkan secara live malalui akun Facebook KPU Muna. Kegiatan itu juga mendapat pengamanan ketat dari Kepolisian dan TNI.

Sementara itu, Ketua KPU Wakatobi, Abdul Rajab mengatakan pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara tingkat Kabupaten Wakatobi akan dihelat hari ini sekira pukul 09.00 wita di aula Sanggar Budaya Wakatobi.
“Kita harap dalam proses pelaksanaan pleno terbuka ini berjalan aman dan tertib. Saya minta masyarakat tetap menunggu hasil pleno di kediaman masing-masing dan tidak perlu datang di lokasi pleno,” terangnya. (san/kus/ode/thy/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy