Hari Nusantara Momentum Optimalkan Potensi Bahari – Kendari Pos
Metro Kendari

Hari Nusantara Momentum Optimalkan Potensi Bahari

KENDARIPOS.CO.ID — Peringatan Hari Nusantara jatuh pada tanggal 13 Desember. Tahun ini, Hari Nusantara mengusung tema “Penguatan Budaya Bahari Demi Peningkatan Ekonomi Digital”. Di Sultra, perwujudan Deklarasi Djuanda ini dilakukan secara virtual di aula Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sultra, Minggu (13/12). Acara ini dihadiri Asisten III Setda Sultra, La Ode Mustari yang mewakili Gubernur Sultra, Ali Mazi, Kepala Dinas Kominfo Sultra, Ridwan Badallah dan sejumlah pejabat lainnya.

Asisten III Setda Sultra, La Ode Mustari (depan, tengah) dan Kepala Dinas Kominfo Sultra, Ridwan Badallah (depan, dua dari kiri) bersama pejabat lainnya mengikuti perayaan Hari Nusantara yang dilakukan secara virtual di aula Rujab Gubernur Sultra, Minggu (13/12).

Asisten III Setda Sultra, La Ode Mustari mengatakan perayaan Hari Nusantara tahun ini berbeda dari sebelumnya. Kondisi pandemi membuat perayaan yang dilaksanakan secara virtual. Selain itu, pelaksanaannya menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang sangat ketat.

Momentum Hari Nusantara ini kata mantan Pj Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra ini, diharapkan menjadi acuan Pemda di Sultra melakukan terobosan terkait potensi bahari dalam meningkatkan perekonomian daerah. Hal ini sesuai dengan tema peringatan Hari Nusantara tahun 2020.

“Jadi penguatan ekonomi melalui peningkatan budaya maritim harus digaungkan. Bukan itu saja, tapi bagaimana meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya generasi muda kita akan pentingnya Hari Nusantara. Ini juga perlu kita tanamkan,” kata mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra ini.

Perayaan Hari Nusantara sambungnya, jangan hanya dibuat seremonial semata, tetapi perlu dijadikan semangat untuk mengoptimalkan potensi perekonomian melalui poros maritim. “Pemda perlu meninjau kembali strategi dan capaian pembangunan maritim. Bahkan perlu mempertegas penerapan konsep poros maritim, sehingga bisa haluan pembangunan guna peningkatan perekonomian kita. Terlebih dalam kondisi pandemi saat ini,” ujarnya.

Pada kegiatan yang dilakukan secara virtual, Menko Polhukam Mahfud MD hadir mewakili Presiden, Joko Widodo. Selain itu, Mahfud turut menyampaikan pesan Presiden. “Peringatan Hari Nusantara merupakan peristiwa yang sangat penting dimana berawal dari Deklarasi DJuanda. Hari peringatan ini sebagai bentuk penegasan Indonesia merupakan negara dengan wilayah laut terluas di dunia,” kata Mahfud membacakan sambutan Presiden. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy