Hari ini, Pleno Tingkat Kabupaten Dimulai – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Hari ini, Pleno Tingkat Kabupaten Dimulai

KENDARIPOS.CO.ID — Rekapitulasi hasil penghitung suara tingkat PPK berakhir. Dari data sementara versi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) per pukul 17.30 wita kemarin, empat petahana masih unggul. Yakni petahana di Pilkada Konawe Selatan, Muna, Konawe Utara dan Konawe Kepulauan. Sedangkan petahana di Wakatobi, Buton Utara dan Kolaka Timur harus mengakui keunggulan penantangnya. (Lihat grafis). Rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara Pilbup tingkat kabupaten (KPU) dimulai 13 hingga 17 Desember 2020 sesuai PKPU Nomor 5 tahun 2020.

Koordinator Divisi Teknis KPU Koltim, Anhar memastikan, formulir Model C.Hasil-KWK dari 12 kecamatan telah rampung dan masuk di aplikasi mobile Sirekap KPU. Publik bisa mengakses siapa pemilik suara dominan di Pilkada Koltim. Data itu juga sudah terunggah di situs info publik Pilkada.

“Meskipun telah diinput melalui Sirekap, pleno berjenjang tetap dilaksanakan. Insya Allah, rencananya pleno (KPU ) direncanakan 15 Desember 2020,” kata Anhar pada Kendari Pos, Minggu (13/12) kemarin.

Pantauan Kendari Pos di website pilkada2020.kpu.go.id per pukul 17.30 kemarin, paslon Samsul Bahri Madjid (SBM)-Andi Merya Nur meraih 38.275 suara (52,6 persen). Sang petahana duet
Tony Herbiansyah-Burhanuddin (BersaTU) yang meraih 34.465 suara (47,4 persen). Perolehan suara itu dari 303 TPS.

Di Konawe Utara, sang petahana Ruksamin unggul di sembilan kecamatan. Rival Ruksamin, duet Raup-Iskandar Mekuo hanya unggul di tiga kecamatan yakni Andowia, Lembo dan Wiwirano. “Persentase suara masuk bisa dilihat di aplikasi Sirekap, sambil menunggu hasil pleno. Suara masuk sudah 100 persen, KPU Konut urutan keempat se Indonesia untuk Sirekap,” ujar Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPUD Konut, Prasetyo Hariwibowo, Minggu (13/12) kemarin.

Thio menjelaskan pleno PPK di Kecamatan telah selesai. Sekira pukul 01.00 dini hari kemarin, semua logistik dari PPK telah dibawa ke kabupaten dan selanjutnya menanti jadwal pleno. Berdasarkan PKPU nomor 5 tahun 2020, rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat kabupaten/kota untuk pemilihan bupati dimulia 13-17 Desember 2020. “Rekapitulasi dan penetapan hasil rekapitulasi perhitungan suara, KPU Konut mengagendakan tanggal 15 Desember 2020,”ujar Praestyo Hariwibowo.

Di Pilkada Konawe Selatan (Konsel), sang petahana Surunuddin Dangga masih bertuah. Surunuddin Dangga yang berpasangan dengan Rasyid (Suara) unggul di 17 kecamatan. Disusul rivalnya, Muh.Endang-Wahyu Ade Pratama (Ewako) dan Rusmin Abdul Gani-Senawan Silondae.

Liaison Officer (LO) paslon Suara, Laoke menjelaskan, meskipun data masih akan diplenokan ditingkat kabupaten, raihan suara Surunuddin Dangga-Rasyid tetap unggul dan mustahil ada perubahan. “Paslon Suara unggul di 17 kecamatan. Sementara paslon Ewako unggul di delapan kecamatan,” ujarnya, kemarin.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), masuk tiga besar se Indonesia dalam penyelesaian hasil Sirekap 9 Desember lalu, setelah Kabupaten Majene dan Kolaka Timur. Berdasarkan website pilkada2020.kpu.go.id, petahana, Amrullah-Andi Muhammad Lutfi unggul 51,4 persen. Sementara rivalnya, Abdul Halim-Untung Taslim memperoleh 7.193 suara (29,0 persen), disusul paslon Musdar-Ilham Jaya Maal meraih 4.669 suara (18,8 persen) dan Oheo Sinapoy-Muttaqin Siddiq meraih 214 suara (0,9 persen). Data tersebut berdasarkan 101 TPS yang tersebar di Konkep.

“Konkep berada diurutan ke tiga yang selesai 100 persen se-Indonesia setelah Kabupaten Majene dan Koltim,” kata Ketua KPU Konkep, Iskandar saat dihubungi Kendari Pos, Minggu (13/12).

Sebelumnya, Koordinator Divisi Teknis KPU Konkep, Badran mengatakan, pleno tingkat kabupaten akan digelar besok, 15 Desember. Pihaknya juga mengapresiasi semua warga Konkep yang telah menyalurkan hak pilihnya. “Alhamdulillah tidak ada kendala-kendala teknis saat pemungutan suara kemarin. Semua berjalan lancar. Partisipasi pemilih juga cukup tinggi,” kata Badran sembari mengimbau kontestan menunggu keputusan resmi KPU. (kus/min/kam/san/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy