Habiskan Rp 22 Miliar, TPA di Butur Diresmikan


KENDARIPOS.COM — Pembangunan Tempat Akhir (TPA) Sampah di Kabupaten Buton Utara (Butur) akhirnya tuntas setelah pekerjaannya sempat tertunda beberapa tahun. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) berharap, problem penanganan sampah bisa tuntas dengan fasilitas yang hadir. Proses peresmian dan serah terima aset dihadiri langsung Pjs Bupati Butur, Hery Alamsyah, Rabu (2/11).

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Tenggara, Mustaba, mengungkapkan, pembangunan TPA dimaksimalkan sejak tahun 2016. Namun, ada beberapa kendala sehingga baru diresmikan. Proyek ini menghabiskan anggaran sebesar Rp 22 miliar yang dikucurkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
“Perjalanan panjang pembangunan TPA Butur ini bisa kita wujudkan, dan pada hari juga kita serahkan kepada Pemkab untuk segera dimanfaatkan. Kurang lebih empat tahun kita berupaya untuk memiliki fasilitas ini dan segera dimanfaatkan,” ujarnya.

Mustaba menambahkan, pengadaan alat pemprosesan sampah akan ada setelah difungsikan. Berupa alat berat ekskavator untuk menunjang pengelolaan sampah di TPA ini. “Sekarang ekskavator itu dalam perjalanan dari Tanjung Priuk. Tanggal 11 Desember tiba di Lipu Tinadeakono Sara. Tentu, harapan semua mudah-mudahan bisa dimaksimalkan. Setelah menandatangani berita acara penyerahan, segera dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kapasitas TPA ini hingga 15 tahun yang akan datang belum akan penuh,” tandasnya.

Sementara itu Pjs Bupati Butur, Hery Alamsyah, memberikan apresiasi atas kerja keras pihak Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi tenggara, sehingga TPA sampah bisa dimanfaatkan dengan baik. Selain pengelolaan, juga terus memberikan edukasi kepada masyarakat baik itu tentang membuang sampah pada tempatnya. “Harapannya, dengan adanya TPA ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Juga pihak Kementerian PU dalam hal ini Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Tenggara jangan berhenti di sini saja. Tetapi terus mendampingi Pemkab Butur dalam pemeliharaan pengelolaan serta pengadaan fasilitas yang mendukung,” tandasnya. (b/had)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *