Gubernur Ali Mazi Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan Pilkada – Kendari Pos
Nasional

Gubernur Ali Mazi Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan Pilkada

KENDARIPOS.CO.ID — Semua potensi kerawanan Pilkada sudah dipetakan Polda Sultra. Sekira 2.108 personel disiagakan. Jika ada kelompok yang mencoba memicu kekacauan, mesti berpikir seribu kali sebelum berurusan dengan aparat hukum.

Satuan fungsi diinternal Polda Sultra dan jajaran Polres siap mengawal dan mengamankan pemungutan suara (Tungsura). Mereka adalah Brimob Polda Sultra, personel Polres di tujuh daerah Pilkada, Dalmas, tim deteksi (intelijen), Polairud, PJU, Pamenwas dan Brimob Nusantara dari Polda Bali.

Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra Indrjaya (dua dari kiri) bersama Gubernur Sultra Ali Mazi (berdiri kiri) memimpin Apel Kesiapan Pengamanan Tahap Pemungutan Suara Pilkada Sultra di Aula Dhacara Polda Sultra, Kendari, Selasa (2/12).

Jumlah personel BKO itu terungkap dalam apel kesiapan pengamanan (PAM) tahap pemungutan suara (Tungsura) Pilkada serentak tahun 2020 secara virtual bertempat di Aula Dachara Polda Sultra, Selasa (1/12) kemarin. Dalam kesempatan itu, Gubernur Sultra, Ali Mazi mengatakan 9 Desember 2020, tujjuh daerah di Sultra menggelar pemungutan suara Pilkada serentak. Semua pihak harus bersiap dalam menghadapi berbagi kemungkinan yang terjadi. Setiap unsur yang terlibat dalam pengamanan harus benar-benar memastikan kesiapan sesuai tugas dan kewenangan masing-masing.

“Saya apresiasi apel kesiapan hari ini (kemarin) yang bertujuan memastikan kesiapan pengamanan semua unsur sebelum terjun ke lapangan, sehingga dalam pelaksanaannya dapat berjalan lancar, optimal, tertib dan kondusif,” ujar Gubernur Sultra, Ali Mazi di hadapan Kapolda Sultra, Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya, Wakapolda Sultra, Brigjen Pol Waris Agono, Danrem 143 Halu Oleo Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan, Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir Muthalib, Bawaslu Sultra dan Kejati Sultra.

Gubernur Sultra Ali Mazi berharap personel pengamanan harus menjaga sikap profesional dan akuntabel. Menunjung tinggi netralitas dan minimalisir segala tindakan yang dapat menganggu jalannya Pilkada. “Dalam apel kesiapan ini, mari satukan tekad Polri, siap kawal dan amankan pilkada serentak 2020 agar berlangsung jujur, adil, damai dan demokratis,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya melalui Kabid Humas Polda Sultra, Kombes Pol Ferry Walintukan mengatakan, Polda Sultra menyiapkan 2.108 personel untuk mengawal tungsura Pilkada serentak di Sultra. Jumlah tersebut berdasarkan rencana BKO personel Polda, yakni personel gabungan staf PAM TPS, tim deteksi, Dalmas, Brimob, Polairud, PJU, dan Pamenwas.
“Semua personel akan disebar ke tujuh daerah yang melaksanakan Pilkada serentak (lihat grafis),”ujar Kombes Pol Ferry Walintukan kepada Kendari Pos, Selasa kemarin.

Dia merinci, Polres Kendari melakukan pengamanan di wilayah hukumnya yakni empat kecamatan di Kabupaten Konawe Selatan yakni Kecamatan Konda, Ranomeeto, Ranomeeto Barat dan Wolasi. Termasuk tujuh kecamatan di Kabupaten Konawe Kepulauan.

Polda Sultra menempatkan personel Brimob nusantara di empat daerah yang berdasarkan informasi intelijen perlu perhatian khusus. Empat daerah Pilkada itu adalah Muna, Buton Utara, Konawe Selatan dan Konawe Kepulauan. “Tapi kita terus melihat kondisi kerawanan, jika ada diinformasikan bahwa di daerah lain yang terjadi masalah maka personel akan kita geser ke daerah rawan itu,” ungkap Kombes Pol Ferry Walintukan.

Kombes Pol Ferry Walintukan meminta masyarakat Sulawesi Tenggara khususnya di tujuh daerah Pilkada serentak 2020 agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban untuk kemajuan daerahnya masing-masing. “Polda Sulawesi Tenggara akan bekerja semaksimal mungkin sesuai perintah bapak Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya bahwa netralitas harga mati,” pungkasnya. (ndi/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy