Gembira Menuju Bombana Sejahtera dan Berkembang 2022

KENDARIPOS.CO.ID — Sejak diperiode pertama menjabat Bupati Bombana, H.Tafdil mencetuskan program pembangunan berbasis Gerakan Membangun dengan Rida Allah SWT (Gembira). Program itu berlanjut hingga periode kedua pemerintahan Bupati Tafdil sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022. Tahun depan, program Gembira berlanjut dengan ditopang tujuh pilar. Yakni Gembira Cerdas, Gembira Sehat, Gembira Kerja, Gembira Terang dan Gembira Kecamatan serta Gembira Kelurahan.

Bupati Bombana H. Tafdil (kiri) menyerahkan smartphone pada perwakilan bidan desa saat launching aplikasi Jaringan Informasi Ibu Hamil dan Bayi (Jamila) sebagai wujud dari program Gembira Sehat.

Konsistensi Bupati Bombana, Tafdil menunaikan Gembira tak lain untuk menuju Bombana sejahtera dan berkembang. “Program ini sudah berjalan dari beberapa tahun kemarin, dan akan tetap dilanjutkan di tahun 2021. Terlebih lagi program ini benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat Bombana,” ujar Bupati Bombana, Tafdil kepada Kendari Pos, Senin (28/12) kemarin.

Komitmen Bupati Bombana H. Tafdil bersama Wakil Bupati Bombana, Johan Salim membawa masyarakatnya ke padang kesejahteraan didukung penuh seluruh jajaran organisasi perangkat daerah (OPD). Kualitas pimpinan OPD Pemkab Bombana mampu mengejawantahkan program Gembira di dinas masing-masing. Salah satunya adalah sektor kesehatan yang tertuang dalam Gembira Sehat.

Di tahun 2020 hingga 2021, Pemkab Bombana meningkatkan infrastruktur kesehatan dengan melanjutkan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang terletak di Desa Lantowua Kecamatan Rarowatu Utara, pembangunan Puskesmas di kecamatan-kecamatan serta rehabilitas sarana kesehatan lainnya.

“Tahun ini melalui DAK, kami telah membangun tiga Puskesmas perawatan di Kecamatan Poleang, Lantari Jaya dan Masaloka Raya dengan tambahan masing-masing dua unit rumah dinas, serta satu unit laboratorium kesehatan,” rinci Bupati Bombana Tafdil.

Dia menjelaskan tahun 2021 akan dibangun lagi tiga Puskesmas berstandar nasional. Begitu pula RSUD yang sedang dibangun berkualifikasi standar nasional dan akan disediakan dokter ahli. “Insya Allah pelayanan di rumah sakit tersebut difungsikan 1 Januari 2022,” imbuhnya.

Selain bidang kesehatan, Pemkab Bombana juga menyiapkan Mall Pelayanan Publik (MPP) sebagai respons atas keluhan masyarakat terhadap akses pelayanan publik di instansi pemerintah. Kemudahan akses dan integrasi layanan dalam satu tempat merupakan wujud keberpihakan pemerintah daerah Bombana dalam memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam memperoleh informasi dan pelayanan bagi masyarakat maupun swasta termasuk kemudahan dalam berinvestasi.

Menurut Bupati Tadil, kemudahan investasi tentunya bakal menciptakan iklim usaha dan pengelolaan modal yang sehat, serta dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih luas lagi. Hal ini dibuktikan dengan peresmian pabrik gula terbesar di Indonesia Timur PT.Prima Alam Gemilang (PAG) oleh Presiden Republik Indonesia beberapa waktu lalu. Diakui Bupati Tafdil, hadirnya pabrik gula PT.PAG di Kabupaten Bombana, tentu memberi harapan besar menuju Bombana sejahtera dan Sultra maju.

“Industri tersebut mampu menyerap ribuan tenaga kerja lokal sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Bombana kini dan akan datang,” tutup Tafdil. (idh/b)

Facebooktwittermail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.