Dosen Mandala Waluya Olah Kelapa Jadi Bahan Obat

KENDARIPOS.CO.ID — Salah satu dharma seorang dosen dalam bidang pendidikan adalah melakukan pengabdian kepada masyarakat. Seperti yang dilakukan Dosen Prodi D4 Teknologi Laboratorium Medis (TLM) Universitas Mandala Waluya (UMW), melakukan pengabdian di masyarakat Kelurahan Andonohu, Kecamatan Poasia. Pengabdian kali ini bertemakan “Pemanfaatan kelapa sebagai bahan obat dan produk pangan yang bernilai ekonomis’.

Dosen Prodi D4 Teknologi Laboratorium Medis (TLM) UMW membaur bersama masyarakat di Kelurahan Andounohu, dalam memanfaatkan kelapa menjadi bahan
obat dan produk pangan yang bernilai ekonomis.

Ketua Prodi D4 TLM UMW, Sri Anggarini Rasyid, S.Si., M.Si , menyatakan, bila program ini menjadi agenda tahunan para dosen. Yakni ilmu pengetahuan yang mereka miliki tentunya bukan hanya diajarkan kepada mahasiswa, tapi di lapangan juga harus ada action yang berhubungan langsung dengan masyarakat. “Untuk itu kami mencoba memanfaatkan kelapa di Kelurahan Andonohu untuk dijadikan bahan obat dan produk pangan,” terangnya.

Menurutnya produk dari kelapa memiliki banyak manfaat. Kalau selama ini oleh masyarakat kelapa hanya dijual gelondongan, para dosen di UMW ini ingin mengubahnya menjadi produk yang memiliki nilai jual lebih. Selain itu manfaatnya pun di masyarakat semakin banyak di peroleh. Apalagi di Andounohu produk kelapa banyak dijumpai, karena banyak ditanam oleh masyarkat sekitar.

Sri Anggarini juga menyebutkan bila kegiatan ini dilakukan sebagai penunjang dalam klasterisasi perguruan tinggi di lingkup Sultra. “Pengabdian ini telah dilaksanakan pada 1 Desember 2020 selama seminggu yang bertempat di kelurahan Anduonohu, Kecamatan Poasia Kota Kendari. Selain para dosen yang tergabung kami juga melibatkan Pemerintah dan warga setempat yang berjumlah kurang lebih 30 orang,” pungkasnya. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *