Dorong Serapan APBN, KPPN Kendari Minta Pemda Segera Salurkan DD

KENDARIPOS.CO.ID — Serapan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) tahun anggaran 2020 di wilayah pembayaran Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kendari sampai dengan November 2020 baru mencapai 79 persen. Informasi itu terungkap saat kunjungan Kepala Kantor KPPN Kendari, Teguh Ratno Sukarno bersama jajarannya di Kendari Pos, Selasa (1/12).

Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tipe A1 Kendari Teguh Ratno Sukarno (dua dari kanan) menyerahkan cendera mata kepada Direktur Utama Kendari Pos Irwan Zainuddin (dua dari kiri), saat berkunjung di Graha Pena Kendari Pos, Selasa (1/12).

“Wilayah pembayaran KPPN Kendari ada enam kabupaten/kota dan satu provinsi. Untuk serapan APBN sampai akhir November masih 79 persen. Sedangkan untuk Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tinggal penyaluran dana desa di tiga kabupaten yaitu Konawe, Konawe Utara (Konut), dan Konawe Selatan (Konsel). Jadi, kami harap Pemda segera merealisasikan,” ujar Teguh, Selasa (1/12).

Kata Teguh, penyaluran dana desa di tiga daerah tersebut baru sampai tahap dua. Sedangkan dua daerah lainnya yaitu Konawe Kepulauan (Konkep) dan Bombana telah menyalurkan dana desa hingga tahap tiga. Jumlah desa di masing-masing daerah antara lain Bombana 121 desa, Konkep 89 desa, Konsel 336 desa, Konut 159 desa, dan Konawe 239 desa. “Kami juga mengapresiasi Pemda Bombana dan Konkep yang yang sudah melakukan pencairan,” imbuhnya.

Selain Pemda, Teguh juga mendorong satuan kerja (satker) dari Kementerian dan Lembaga agar segera membelanjakan anggaran sesuai pagu yang telah ditetapkan.

“Batas pengajuan pencairan ke KPPN paling lambat 14 Desember 2020,” imbuhnya.

Teguh menyebut, kunjungan ke Kendari Pos bertujuan untuk membangun kolaborasi dalam menyebarluaskan informasi khususnya terkait program-program pemerintah yang sumber dananya menggunakan APBN.

“Harapannya, informasi ini bisa tersampaikan kepada publilk sehingga Pemda bisa mengoptimalkan pemanfaatan APBN,” pungkasnya.

Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin menyambut baik rencana tersebut karena sejalan dengan visi Kendari Pos. Selama ini, kata dia Kendari Pos selalu berupaya menjadi penghubung antara pemerintah dan masyarakat.

“Kami siap mensupport KPPN Kendari. Sepanjang itu untuk kebaikan bersama, kami pasti dukung,” ujarnya. (uli/c)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *