Disperindag Sultra Sinergi Tingkatkan Perlindungan Konsumen – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Disperindag Sultra Sinergi Tingkatkan Perlindungan Konsumen

Kegiatan Sosialisasi Perlindungan Konsumen yang digelar Disperindag Sultra. Kegiatan ini diikuti oleh unsur produsen, distributor, konsumen, pedagang, dan aparat pemerintah yang ada di Sultra.

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengajak masyarakat untuk menjadi konsumen yang cerdas. Sinergitas dan sosialisasi dengan semua elemen juga semakin ditingkatkan
untuk melindungi konsumen yang ada di Sulawesi Tenggara.

“Kita ingin mencerdaskan konsumen agar lebih memahami produk yang aman, sehat, dan bermutu,” ujar Kepala Disperindag Sultra, Hj Siti Saleha, kemarin.

Selain melakukan edukasi dan sosialisasi, lanjut dia, Disperindag Sultra juga membentuk tim yang bertugas melakukan pemantauan dan pengawasan di kabupaten/kota. Selain itu, telah dibentuk pula Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) sebagai upaya untuk menyelesaikan sengketa yang mungkin terjadi antara konsumen dan pelaku usaha.

Melalui BPSK, sengketa antara kedua belah pihak dapat diselesaikan dengan cara mediasi, konsiliasi, dan arbitrase.

“Upaya melindungi konsumen membutuhkan sinergisitas dari semua pihak terkait. sehingga konsumen nantinya bisa lebih memahami hak-haknya,” kata Siti Saleha.

Mantan Pj Bupati Bombana itu mengungkapkan, saat ini banyak barang dan jasa dari luar negeri yang beredar di Sultra. Selain mengancam eksistensi produsen lokal, produk-produk yang dipasarkan terkadang tidak memenuhi syarat dan merugikan konsumen. Sehingga, menjadi tanggung jawab pemerintah untuk memutus atau meminimalisir kerugian yang ditimbulkan.

“Masyarakat dikorbankan dengan barang-barang yang beredar. Misalnya, ada produk dengan tulisan yang tidak dimengerti, sehingga konsumen tidak mengetahui kapan waktu kedaluwarsa. Berarti peredaran barang ini tidak aman dan tidak sehat. Ini PR kita bersama,” tuturnya.

Ia mengajak para pelaku usaha agar lebih bertanggung jawab dengan menghasilkan atau memasarkan produk-produk yang berkualitas. Ia juga berharap agar masyarakat Sultra bisa menjadi konsumen yang cerdas.

“Ayo menjadi konsumen yang cerdas dan lebih mencintai produk dalam negeri. Kalau ada keluhan, bisa melapor ke BPSK Disperindag Sultra. Saya juga sudah menyampaikan ke kabupaten/kota untuk membatasi izin pembukaan gerai baru swalayan dari luar dan lebih memperhatikan hak-hak pedagang kecil,” tandasnya.

Sebeluimnya, Disperindag Sultra menggelar Sosialisasi Perlindungan Konsumen di Kendari, Senin (7/12) lalu. Selain Disperindag Sultra, sejumlah pembicara dari Kepolisian Daerah (Polda) Sultra dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Sultra juga turut hadir memberikan edukasi kepada sekira 40 peserta dari unsur produsen, distributor, konsumen, pedagang, hingga aparat pemerintah. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy