Dispar Kolaka Jaga Lingkungan Destinasi


KENDARIPOS.CO.ID — Meskipun masih dalam masa pandemi Covid-19, sejumlah tempat wisata di Kabupaten Kolaka diprediksi akan tetap dikunjungi banyak pelancong. Dengan banyaknya pengunjung maka dipastikan volume sampah pada destinasi juga akan meningkat. Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kolaka, Zulkarnain Mansyur, mengungkapkan, untuk mengurangi volume sampah di tempat wisata saat liburan nanti, maka pihaknya menggagas kegiatan bersih-bersih. Kata dia, dalam kegiatan tersebut, pihaknya akan melibatkan sejumlah pihak terkait untuk membersihkan sampah di lokasi wisata.

Zulkarnain Mansyur

“Semua tempat wisata diwajibkan bersih-bersih. Dalam kegiatan itu nanti kami melibatkan semua pelaku industri pariwisata yang ada di destinasi tersebut, termasuk unsur pemerintahan di kelurahan atau desa serta Bhabinkamtibmas dan Babinsa,” bebernya, kemarin. Kata Zulkarnain, kegiatan bersih-bersih tersebut merupakan agenda rutin. Hal itu dilakukan untuk menjaga kebersihan di lokasi wisata. “Kegiatan bersih-bersih di tempat wisata itu memang rutin kami lakukan. Sebab destinasi itu produknya para pengelola wisata agar diminati oleh wisatawan. Makanya supaya diminati maka kebersihannya diperhatikan,” ujarnya.

Mantan Kepala BPKAD Kolaka tersebut mengimbau para pengunjung untuk menjaga kebersihan destinasi yang dikunjunginya. “Kami juga meminta para pengunjung agar tidak membuang sampahnya secara sembaragan. Sebab di tempat wisata itu juga telah disediakan tempat sampah,” ujar Zulkarnain. (c/fad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *