Dishub Konawe Awasi Kendaraan Odol


KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Perhubungan (Dishub) Konawe saat ini gencar menekan jumlah truk over dimension and overload (Odol) yang beroperasi di jalan raya. Pengawasan secara intensif dilakukan kepada para sopir yang masih nekat berkendara melebihi ketentuan.
Kepala Dishub Konawe, Nuriadin, mengatakan, penertiban kendaraan Odol kian rutin dilakukan di sebagian tempat, misalnya pada pintu-pintu masuk perbatasan Kabupaten Konawe dan daerah tetangga. Selain itu, pengawasan truk bermuatan lebih tersebut juga dilakukan di sebagian terminal.

Nuriadin

“Sanksinya, kita minta barangnya diturunkan baru mereka bisa jalan lagi. Kalau tidak, mobilnya kita tahan karena membahayakan,” ujar Nuriadin, kemarin. Ia menambahkan, pelanggaran truk overload pada dasarnya lebih mudah dilihat dibanding truk over dimensi. Namun dirinya memastikan, secara teknis pihaknya sudah cukup memahami persoalan terkait pelanggaran truk kelebihan dimensi yang beroperasi di jalan raya.

Pelanggaran truk overload, sambungnya, pada umumnya lebih mudah dilihat secara kasat mata. “Apalagi sekarang setiap kendaraan truk, barangnya itu harus ada surat jalan. Jadi sebetulnya bisa lihat dari surat jalan, apa yang dibawa dan berapa tonasenya,” tandasnya. (c/adi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *