Disdukcapil Wakatobi Target Pelayanan Keliling Empat Kali Setahun – Kendari Pos
Wakatobi

Disdukcapil Wakatobi Target Pelayanan Keliling Empat Kali Setahun


KENDARIPOS.CO.ID — Capaian kinerja pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Wakatobi memang telah melampaui target nasional. Meski begitu, target membuka pelayanan langsung sebanyak empat kali dalam setahun pada sejumlah pulau, tak bisa tercapai. Bahkan dua kali melakukan pelayanan keliling pun sudah dirasa berat. Mengingat peralatan hingga anggaran, menjadi kendala utama yang sering ditemui. Namun, tahun depan pihak Disdukcapil menargetkan pelayanan bisa dilakukan secara optimal atau empat kali setahun.

Abdul Rahim

Selain bangunan kantor yang belum dirancang khusus untuk memberikan pelayanan maksimal pada masyarakat, kerusakan jaringan hingga server kadang tak bisa terhindarkan. Bahkan selama ini pelayanan paling efektif hanya terealisasi di kantor kabupaten. Selebihnya hampir semua alat perekaman hingga server, rusak dan tidak berfungsi lagi pada unit kerja di kecamatan.

Kepala Disdukcapil Wakatobi, Abdul Rahim, mengatakan, untuk mengantisipasi kondisi seperti itu, pihaknya meminta untuk pengadaan dua unit alat cetak. Sayangnya, pada APBDP 2020, hanya diberikan dana untuk pembelian satu unit alat saja. “Sementara kami masih tunggu pengirimannya dari perusahaan pengadaan,” terangnya, kemarin.

Keterbatasan lain, di wilayah yang terdiri dari pulau-pulau seharusnya bisa membuka pelayanan keliling hingga empat kali setahun. Baik di Pulau Kaledupa, Tomia dan Binongko. “Tapi yang bisa kami lakukan hanya dua kali. Itupun karena ada tambahan anggaran untuk pelayanan di tiga pulau tersebut. Kita targetnya empat kali kalau bisa dan tentu harus didukung dengan anggaran,” sambung Abdul Rahim.

Meski begitu, dari beberapa keterbatasan ini pihaknya berupaya bekerja semaksimal mungkin. Hasilnya, ada sejumlah pencapaian komponen yang telah melampaui target nasional. Bahkan terbaik se Sulawesi Tenggara. “Yakni perekaman KTP-el, KIA hingga akta lahir. Kita bersyukur kerja sama semua pihak utamanya staf kami membuahkan hasil memuaskan. Ini jadi motivasi kami ke depan agar semakin semangat lagi bekerja dan meningkatkan pencapaian,” harapnya. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy