Dewan Minta Serapan APBD Pertimbangkan Skala Prioritas – Kendari Pos
Metro Kendari

Dewan Minta Serapan APBD Pertimbangkan Skala Prioritas

KENDARIPOS.CO.ID — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kendari meminta Pemkot memaksimalkan serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021 hanya untuk skala prioritas. Itu disampaikan perwakilan Fraksi Demokrasi Kebangkitan Indonesia (DKI) Noviana, usai DPRD dan Pemkot Kendari menyepakati Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) APBD Kota Kendari Tahun Anggaran 2021 menjadi sebuah perda.

Anggota fraksi DKI DPRD Kendari, Noviana saat menyampaikan pandangannya dalam pembahasan RAPBD 2021 Kota Kendari

Menurut Novi, penanganan wabah Covid-19 merupakan yang paling utama dan harus menjadi prioritas pemkot pada tahun anggaran mendatang. Persoalan wabah pendemi yang masih berlangsung saat ini, memberi pengaruh terhadap distribusi anggaran pusat ke daerah.

“Ketergantungan terhadap transfer dana dari pusat sangat membatasi pengalokasian anggaran yang akan dikelolah. Untuk itu dalam pengalokasian APBD 2021, Pemkot Kendari haruslah benar-benar melihat skala prioritas yang menjadi kebutuhan masyarakat,” ucapnya di Gedung DPRD Kendari, kemarin.

Politisi Partai Demokrat itu juga mengapresiasi kebijakan umum Pemkot Kendari yang terus mengoptimalkan sumber-sumber pendapatan daerah melalui peningkatan peran investasi masyarakat dan swasta. “Namun, pengoptimalisasian tersebut haruslah dibarengi dengan upaya pengawasan dari semua pihak sehingga penyalagunaan wewenang dan anggaran dari pendapatan daerah dapat dicegah sehingga kebocoran anggaran tidak terjadi lagi,” kata Novi.

Terpisah, Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir mengatakan, besaran APBD 2021 yang disepakati antara Pemkot dan DPRD Kendari sebesar Rp 1,5 triliun. Anggaran tersebut kata dia, masih difokuskan untuk pendidikan dan kesehatan masing-masing 20 dan 10 persen.

“Peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan masih jadi prioritas anggaran tahun mendatang (2021). Sebab, Covid-19 masih belum berakhir dan itu biaya yang tidak sedikit untuk penangannya,” pungkasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy