Damkar akan Dipisah dari Satpol PP – Kendari Pos
Konawe

Damkar akan Dipisah dari Satpol PP


KENDARIPOS.CO.ID — Instansi pemadam kebakaran (Damkar) Konawe akan dipisahkan dari Satuan Polisi dan Pamong Praja (Satpol PP). Pemisahan itu untuk lebih memaksimalkan peran dan tugas operasi di institusi Damkar Konawe. Kewenangan unit Damkar dirasa kurang efektif jika nomenklaturnya masih melekat pada instansi lain dalam hal ini Satpol PP Konawe. Kepala Satpol-PP dan Damkar Konawe, Herianto Wahab, mengatakan, rencana pemisahan Damkar sebenarnya telah diusulkan sejak awal 2020. Namun karena mewabahnya Covid-19, rencana tersebut urung dilakukan. Nanti tahun 2021, Pemkab berencana kembali untuk mengupayakan agar usulan itu masuk dalam rancangan peraturan daerah (Raperda) yang akan dibahas dengan DPRD.

Kepala Satpol PP dan Damkar Konawe, Herianto Wahab (tiga dari kanan) saat bersama jajarannya. Tahun depan, instansi itu akan dipisah

“Instansi pemadam kebakaran itu harus berdiri sendiri. Nomenklaturnya ada di Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 16 tahun 2019 tentang struktur organisasi damkar pada kabupaten/kota se-Indonesia. Kita optimis 2021 hal itu bisa terwujud,” ujar Herianto Wahab, Senin (30/11), ditemui di kantornya. Ia menyebut, ada beberapa sisi positif jika nantinya Damkar Konawe berpisah dengan instansi Satpol-PP. Pertama, dari segi pengelolaan keuangan yang sangat memengaruhi kelancaran tugas masing-masing organisasi. Jika masih melekat di Satpol PP, kucuran dana untuk operasional Damkar dipastikan tidak akan sebanyak jika nomenklaturnya telah dipisah. Bahkan bisa melakukan penambahan jumlah personel.

Saat ini, menurut mantan Kabag Humas dan Protokoler Setkab Konawe itu, personel Damkar yang berjumlah sekitar 40 orang dirasa belum memadai jika dibanding luas wilayah Konawe. Kekurangan armada pun bisa diperbanyak jika nantinya instansi tersebut sudah memiliki nomenklatur sendiri. “Jadi nanti pemadam kebakaran akan dipimpin eselon II. Saat ini, pimpinannya masih eselon III. Kita tunggu saja kesiapan Pemkab dan DPRD Konawe untuk membahas pemisahan kedua instansi tersebut,” tandasnya. (c/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy