Dalam Sepekan, Surunuddin Boyong Tiga Penghargaan – Kendari Pos
Konawe Selatan

Dalam Sepekan, Surunuddin Boyong Tiga Penghargaan


KENDARIPOS.CO.ID — Desember 2020 sepertinya bulan penuh berkah bagi Kabupaten Konawe Selatan (Konsel). Daerah dalam kendali Bupati Surunuddin Dangga itu mendapat anugerah penghargaan level lokal hingga nasional. Dalam sepekan, Bupati Konsel Surunuddin Dangga memboyong tiga penghargaan.

H. Surunuddin Dangga

14 Desember 2020, Bupati Surunuddin menerima penghargaan dari Menteri Hukum HAM atas prestasi Konsel sebagai Kabupaten Peduli HAM. Esoknya, 15 Desember 2020, Bupati Konsel Surunuddin Dangga diganjar Dilan Award kategori Kepala Daerah dari OJK Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara. Dan 16 Desember kemarin, ayah Aksan Jaya Putra itu kembali meraih penghargaan. Daerah yang dipimpin Surunuddin menjadi satu-satunya kabupaten di Provinsi Sultra yang prestasi prestisius yakni “Kabupaten Terbaik Nasional Pencegahan Korupsi” oleh Tim Nasional Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK).

Stranas PK ini beranggotakan lima menteri dan kepala lembaga yakni pimpinan KPK, Menteri Dalam Negeri, Menteri PPN/Bappenas, Menteri PANRB dan Kepala Staf Kepresidenan.
Hal itu disampaikan Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam acara Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) yang berlangsung di Gedung KPK, Rabu (16/12) yang dihadiri Presiden Joko Widodo melalui video konferensi.

Suharso Monoarfa dalam laporannya menyampaikan, bahwa setelah menjalankan 11 Stranas PK selama dua tahun, mulai Januari 2019 sampai Desember 2020, ada tiga Kementerian, 9 Kabupaten/Kota dan 2 Provinsi se-Indonesia yang memiliki performa baik dalam aksi dan berkomitmen penuh untuk memberantas korupsi dan pencegahannya.

“Untuk di tingkat Pemkab yang terbaik hanya 9 Kabupaten Kota, yakni Kabupaten Konawe Selatan, Banggai, Hulu Sungai Selatan, Pringsewu, Karawang, Kuningan, Muko Muko, Kota Singkawang dan Kota Bontang,” sebut ungkap Suharso.

Kata Suharso, ada beberapa strategi yang telah tercapai dan dilaksanakan Kementerian, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten terbaik tersebut, diantaranya pelayanan berbasis online melalui portal Online Single Submission (OSS), terbentuknya basis data Beneficial Ownership (BO) pada portal AHU.”Adapun jumlah BUMN yang menerapkan Sistem Management Anti Penyuapan meningkat menjadi lebih dari 75 persen dari sekitar 110 BUMN yang ada, dan masih banyak lagi,” bebernya.

Bupati Konsel Surunuddin Dangga sangat bersyukur atas prestasi yang dicapainya dalam sepekan. Kata dia, prestasi yang diraihnya ditengah perhelatan Pilkada itu sebagai jawaban dari semua hujatan yang dialamatkan padanya selama ini. “Saya bersyukur, ini mungkin adalah hadiah buat saya dari Allah SWT karena selama proses jelang Pilkada kemarin, saya banyak diisukan tidak pantas jadi bupati. Sekarang saya bisa buktikan dengan torehan prestasi,” ucapnya saat ditemui Kendari Pos dikediamannya, Rabu (16/12) malam.

Bupati Konsel menambahkan, sederet prestasi membanggakan itu juga adalah buah karya dan kerja nyata bersama aparaturnya dalam menjalankan roda pemerimtahan di otoritanya. “Tentu pencapaian ini adalah kerja sama semua OPD dan akhirnya kita bisa persembahkan karya yang terbaik untuk daerah. Terimakasih kepada semua pihak atas dukungannya sehingga bisa meraih penghargaan ini,” imbuhnya.

Konsel-1 ini menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh masyarakat Konsel sehingga bisa terpilih kembali sebagai Bupati Konsel. “Terimakasih kepada semua masyarakat Konsel yang memercayakan amanah sebagai bupati kepada saya. Mari kita satukan kembali perbedaan. Saatnya kita fokus lanjutkan pembangunan daerah yang lebih maju,” pungkas Surunuddin Dangga. (kam/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy