Cegah Korupsi, Wali Kota Kendari Gandeng BPKP Perkuat Auditor Pengawasan – Kendari Pos
Nasional

Cegah Korupsi, Wali Kota Kendari Gandeng BPKP Perkuat Auditor Pengawasan


KENDARIPOS.CO.ID — Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir memiliki komitmen besar dalam menciptakan birokrasi yang bersih dan bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN). Setelah meluncurkan aplikasi Jaga Kendari (Jari) untuk mencegah potensi suap, pungli dan gratifikasi (SPG), Wali Kota Sulkarnain kembali bergerak mencegah potensi korupsi lingkup Pemkot Kendari.

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir (dua dari kiri) dan Kepala BPKP Perwakilan Sultra, Nani Ulina Kartika Nasution (dua dari kanan). Dua pimpinan lembaga berbeda itu sepakat berkolaborasi mencegah potensi korupsi di internal Pemkot. Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di lingkup Pemkot Kendari akan dibina Badan BPKP Sultra.

Sulkarnain Kadir bahkan menggandeng Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sultra untuk membina Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di lingkup Pemkot Kendari.

“Kami akan terus mendorong para APIP melaksanakan tugasnya dengan baik. Seperti mengawal program pembangunan daerah agar bisa tercapai sesuai dengan target yang telah ditentukan,” kata Sulkarnain Kadir usai membahas kolaborasi pengawasan Pemkot oleh BPKP di Rujab Wali Kota Kendari, kemarin.

Pada kesempatan itu, Wali Kota mengapresiasi BPKP atas pendampingan dan edukasi yang diberikan kepada para APIP di lingkup Pemkot Kendari. Menurutnya, edukasi tentang Indeks Efektifitas Pengendalian Korupsi (IEPK) dapat mengukur kemajuan pengelolaan risiko korupsi serta dapat menajamkan strategi pengawasan atas masalah korupsi di OPD lingkup Pemkot Kendari.

“Peran BPKP serta APIP sangat penting dan strategis dalam meningkatkan kualitas tata kelola pemerintah dalam upaya mensejahterakan masyarakat. Tentu kami merasa senang dan sangat terbuka untuk selalu mensupport dan mendukung hadirnya BPKP di tengah-tengah pemerintahan kami,” kata Sulkarnain Kadir.

Sementara itu, Kepala BPKP Perwakilan Sultra, Nani Ulina Kartika Nasution mengatakan siap memberikan pendampingkan kepada para APIP lingkup Pemkot Kendari. Bukan hanya itu, ia juga berkomitmen akan serius mengawasi pemerintah daerah guna mendorong percepatan pembangunan daerah serta menciptakan birokrasi yang bersih dan bebas KKN.

Adapun salah satu upaya yang telah dilakukan BPKP Sultra yakni dengan memperkenalkan IEPK kepada seluruh APIP dan seluruh kepala OPD. IEPK merupakan upaya untuk mengkuantifikasi kemajuan pengelolaan risiko korupsi di dalam organisasi. IEPK selaras dengan tujuh agenda pembangunan nasional, yaitu memperkuat stabilitas polhukhamkam dan transformasi pelayanan publik dan sesuai dengan arah kebijakannya reformasi birokrasi dan tata kelola.

Dirinya tak memungkiri perilaku korupsi bisa terjadi di lingkup pemerintahan, terlebih dari sifat manusia dasar yang tak pernah puas untuk memenuhi kebutuhannya. “Jadi dengan adanya IEPK dapat dilakukan pengendalian korupsi, dapat dilakukan Improvement (perbaikan), terlebih korupsi tidak hanya melibatkan ASN (Aparatur Sipil Negera) tapi swasta serta masyarakat,”

Nani Ulina berharap, pengenalan IETK ini, bisa membuat pemda dan perangkatnya lebih berhati-hati dalam mengeluarkan kebijakan dan dapat melakukan pengendalian terhadap potensi korupsi. “Saat ini masih dalam tahap pemahaman dan selanjutnya akan dilakukan penilaian serta perbaikan-perbaikan agar pengendalian terhadap potensi korupsi semakin baik dan ini akan berlaku bagi semua daerah,” pungkasnya. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy