Bupati Muna Dukung Ekonomi Kreatif Kaum Milenial – Kendari Pos
Muna

Bupati Muna Dukung Ekonomi Kreatif Kaum Milenial

KENDARIPOS.CO.ID — Wajah Kota Raha, Kabupaten Muna kini mulai berbeda. Sejumlah usaha kreatif mulai bermunculan di kawasan tugu Jati yang persis berada di pusat kota. Ramai sejak tiga bulan terakhir, usaha yang didominasi kelompok milenial itu menjadi pusat ekonomi dadakkan. Kawasan tongkrongan anak muda itu disebut Langit-lagit. Nama yang merujuk pada lokasinya yang berada di ruang terbuka.

Kawasan itulah yang dikunjungi Bupati Muna, LM. Rusman Emba. Sebelum menjadi pusat keramaian, tempat tersebut dulunya gelap dan tak terjamah. Rusman memolesnya dengan membangun beberapa lapak dan gazebo ditambah satu lapangan futsal. Karena desainnya sesuai selera anak muda, kawasan itu berubah menjadi sumber rupiah.

LM. Rusman Emba (kanan) saat meninjau ruang ekonomi kreatif di Langit-Langit Kawasan Tugu Jati, Raha

Bupati Muna LM. Rusman Emba sendiri menerangkan ia memang mendorong kelompok masyarakat milenial berani menjadi pelaku ekonomi di daerah itu. Peran milenial bisa menjadi kekuatan ekonomi baru terutama di sektor usaha yang membutuhkan kreatifitas. Peran Pemkab ialah menyiapkan ruang dan sarana. “Peran pemerintah hanya menyiapkan tempat agar anak-anak muda bisa berekspresi. Salah satunya berusaha,” ujarnya kepada Kendari Pos, kemarin.

Selain di kawasan Tugu Jati atau yang kini dikenal dengan tongkrongan Langit-langitnya, ada empat titik yang akan menjadi fokus pembenahan di kawasan perkotaan pada tahun depan. Keempatnya antara lain wilayah tugu Jati, kawasan pusat kuliner di area tugu pesawat, kawasan by pass menuju pelabuhan Nusantara dan kawasan patung kuda. Ke empatnya akan disulap menjadi ruang terbuka sekaligus kawasan ekonomi. “Tempat-tempat tongkrongan akan kita tata agar lebih nyaman. Misalnya di pusat kuliner saat ini (tugu pesawat) termasuk di kawasan patung kuda akan dibuat pusat jajanan serba ada,” terangnya.

Lebih jauh, Rusman melihat ada semangat baru yang sedang tumbuh dari masyarakat perkotaan di Raha saat ini. Hal itu menandakkan jika kelompok pemuda sudah mulai berani berkreasi dibidang ekonomi. Sehingga secara tidak langsung ikut membuka lapangan kerja baru dan mengurangi pengangguran. Kolaborasi itu diharapkan bisa berkontribusi terhadap kemajuan Kab. Muna.
“Tentu ada efek ekonomi bagi daerah. Sekarang tugas pemerintah ialah membukakan ruang bagi mereka agar bisa berkontribusi dalam pembangunan daerah sesuai keterampilan mereka sendiri,” pungkasnya.

Hairul Al Fisah, salah satu anak muda yang kini membuka usaha ditempat itu. Ia mengaku mulai merintis sejak September lalu. Lapaknya menyediakan menu ala milenial. Seperti kopi dan beberapa kudapan kekinian. “Semalam paling bisa dapat Rp.1 juta. Kalau malam minggu bisa sampai Rp.3 juta,” jelasnya kepada Kendari Pos, kemarin.

Tempat itu kini dijejali sekira 30 lapak usaha dengan desain unik. Pengelolanya anak-anak muda, kaum milenial. Mereka tergabung dalam kelompok kreatif yang diwadahi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Kab. Muna.

Ketua HIMPI Kab. Muna, Maret Khayran mengapresiasi upaya Pemkab Muna yang telah memberi ruang kepada anak muda dalam menyalurkan kreatifitasnya. Kawasan Tugu Jati atau yang kini dikenal dengan tongkrongan Langit-langitnya diproyeksikan menjadi creatif space. Tempat itu menjadi ruang ekspresi anak muda mulai dari usaha atau bisnis, seni, olahraga ataupun budaya. “Ada dua panggung yang bisa jadi tempat pertunjukkan. Jadi anak-anak muda ini bisa menyalurkan bakatnya disitu. Tentu yang positif,” terangnya.

Ia menambahkan, HIPMI sangat menyambut baik kolaborasi yang dibangun oleh Pemkab Muna saat ini. Dengan menyediakan creatif space, itu menandakkan jika pemerintah mulai melirik anak muda sebagai mitra pembangunan terutama ekonomi kreatif. Organisasinya yang beranggotakan lebih kurang 60 orang mengaku siap bekerja sama menciptakan pusat pertumbuhan ekonomi baru di Kab. Muna. Selain ketersediaan ruang kreatifitas, Maret berharap Pemkab juga membuka akses permodalan bagi pelaku usaha muda dalam merintis bisnisnya.

“Kolaborasi ini akan menjadi energi besar untuk daerah. Karena anak muda punya kreatifitas tanpa batas yang berguna dalam menciptakan ide-ide baru. Tinggal diberi ruang dan diajak bekerjasama. Alhamdulilah Bupati sudah membuka jalan kerja sama,” tuturnya. (ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy